HARIAN JOGJA HARI INI : Lahar Hujan Kelud Isolasi 300 Warga

20 Februari 2014 10:57 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harian Jogja edisi Kamis (20/2/2014) :

Lahar Hujan Isolasi 300 Warga
KEDIRI - Sedikitnya 300 jiwa warga Desa Pandansari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terjebak dan terisolasi akibat jembatan desa tersebut terputus diterjang lahar hujan Gunung Kelud, Rabu (19/2).
Menurut Kepala Bagian (Kabid) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bagyo Setyono, ada sekitar 300 warga di Dusun Selangon, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, yang sampai saat ini masih terjebak oleh banjir.

7.000 Karung Abu Vulkanik Terkumpul
JOGJA – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DIY menargetkan waktu sebulan untuk memulihkan kondisi Kota Jogja seperti sebelum terjadi hujan abu. Hingga Rabu (19/2) tercatat sudah terkumpul kurang lebih 7.000 karung abu erupsi Gunung Kelud. Jika satu karung berisi sekitar 30 kilogram abu total sudah terkumpul 210 ton abu vulkanik.

KPK Berharap Tidak Ada Konflik Kepentingan
JAKARTA—KPK meminta DPR menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang KUHAP . Lembaga antirasuah ini meminta agar tidak ada konflik kepentingan dalam proses pembahasannya.
"Jangan sampai dalam pembahasan itu ada conflict of interest," kata ketua KPK, Abraham Samad di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (19/2).

Petani Ikan Merugi
SLEMAN—Hujan abu vulkanik letusan Gunung Kelud yang mengguyur wilayah DIY, membuat sejumlah petani ikan merugi. Akibat paparan debu, ikan menjadi stres dan nafsu makan menurun. “Dampak langsungnya hanya nafsu makan turun, tidak sampai mati,” kata Susanto, Ketua Kelompok Petani Ikan Mina Taruna di Dusun Garongan, Desa Girikerto, Kecamatan Turi.

Insentif Guru PAUD Dipangkas
WONOSARI—Tahun ini ratusan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Gunungkidul dipastikan tidak lagi mendapat dana insentif dari pusat karena kuota penerima dipangkas. Tak hanya itu, nominal insentif akan dikurangi dari Rp1,5 juta per tahun menjadi Rp750.000.

Bandara Buka, Langsung Berangkat
BANTUL-Anggota Komisi D dan B DPRD Bantul nekat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Bali, meski daerah ini masih diselimuti abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud dan status tanggap darurat bencana belum berakhir.

PT KAI Janjikan Kios Permanen
KULONPROGO—Kios yang menempati areal Stasiun Wates mulai dibongkar, Rabu (19/2). PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjanjikan, dalam waktu dua bulan pedagang bakal menempati kios permanen pengganti yang berlokasi di timur stasiun.
Awalnya, pembongkaran kios yang berlangsung mendadak sempat membuat para pedagang terkejut. Terlebih, mereka hanya diberikan waktu 1x24 jam untuk mengosongkan kios masing-masing. Akan tetapi, setelah mendapat penjelasan dari PT KAI bahwa pedagang akan dibangunkan kios permanen dan masih dapat berjualan di areal Stasiun Wates, mereka lega.

Menang Pengalaman
MANCHESTER - Kartu merah yang dihadiahkan wasit asal Swedia, Jonas Eriksson kepada Martin Demichelis menjadi awal mimpi buruk bagi Manchester City saat menjamu Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (19/2/2014) dini hari WIB.

Tren Buruk Berlanjut
Tren buruk Persiba di awal kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014 tetap berlanjut.

Lebih lengkap Anda bisa membaca Harian Jogja versi cetak. Dapatkan Harian Jogja di agen terdekat.
Selamat membaca. Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.