Bantul Kehabisan Vaksin Avian Influenza

Ilustrasi flu burung (Dok/JIBI - Solopos)
21 Februari 2014 14:33 WIB Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL–Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertan) Bantul sementara ini tidak bisa melayani permintaan vaksin avian influenza untuk unggas non-air yang banyak dibutuhkan masyarakat untuk memelihara ketahanan kesehatan ayam menyusul tidak adanya stok sampai sekitar Juni mendatang.

Ketersediaan stok vaksin AI unggas non-air di kota Projotamansari selama ini menggantungkan pasokan dari Pemerintah DIY.

“Saat ini stok vaksin AI unggas jenis non-air kosong. Sementara kami tidak bisa melayani karena stok tidak ada sampai sekitar pertengahan tahun nanti,” kata Seksi Pengamatan Pencegahan Pemberantasan Penyakit Hewan (P4H) Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kehutanan (Dispertan) Bantul Wisnu Sukmono kepada Harianjogja.com usai menggelar sosialisasi kesehatan hewan kepada peternak Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kamis (20/2/2014).

Menurut dia, Pemkab hanya memiliki ketersediaan vaksin AI untuk jenis unggas air seperti bebek. Wisnu akan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah DIY agar setelah barang ada kebutuhan peternak ayam memberikan vaksin AI bisa dilayani. Pemberian vaksin AI pada ayam selama ini diberikan cuma-cuma.