Advertisement

DAMPAK LETUSAN KELUD : Penerbangan di Bandara Adisutjipto Sudah pulih

Redaksi Solopos
Sabtu, 22 Februari 2014 - 17:19 WIB
Nina Atmasari
DAMPAK LETUSAN KELUD : Penerbangan di Bandara Adisutjipto Sudah pulih HarianJogja/Gigih M. HanafiPetugas melihat penerbangan pertama maskapai Garuda Indonesia tujuan Jakarta dari Bandara Adisucipto, Sleman, Rabu (19 - 2). Bandara internasional tersebut mulai beroperasi penerbangan setelah lima hari ditutup karena dampak abu Vulakanik letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Jogja sudah kembali pulih setelah dibuka kembali pada Rabu (19/2/2014) pascapenutupan akibat terdampak debu vulkanis Gunung Kelud.

"Aktivitas penerbangan sudah mulai pulih seperti sebelum terdampak abu vulkanis Gunung Kelud," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Jogja Andi G Wirson, Jumat (21/2/2014).

Advertisement

Menurut dia, saat ini memang di beberapa bagian bandara masih dilakukan pembersihan karena masih ada abu vulkanis yang masih tersisa.

"Kami masih terus membersihkan area bandara yang masih terdapat abu vulkanis, seperti di area parkir baik roda empat maupun roda dua," katanya.

Selain itu di tempat terminal keberangkatan dan kedatangan penumpang juga terus dibersihkan untuk kenyamanan para penumpang.

"Landasan pacu, tempat parkir pesawat dan 'taxy way' semuanya bersih," katanya.

Ia mengatakan, jika saat ada pesawat yang tinggal landas maupun mendarat masih ada sedikit debu yang terhempas itu masih wajar.

"Belum semuanya bersih dari abu vulkanis. Namun sudah benar-benar aman untuk aktivitas penerbangan. " katanya.

Bandara Internasional Adisutjipto Jogja ditutup pada Jumat (14/2/2014) akibat terdampak debu vulkanis erupsi Gunung Kelud.

Setelah dilakukan pembersihan abu vulkanis dan pengecekan meliputi kelayakan landasan pacu (Runway) dan "Taxiway", Bandara Adisutjipto kembali dibuka operasionalnya pada Rabu (19/2/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement