Advertisement

Warga Sleman Suka Ganti Nama

Sunartono
Jum'at, 18 April 2014 - 13:17 WIB
Nina Atmasari
Warga Sleman Suka Ganti Nama Ilustrasi pengadilan (JIBI/Solopos - Reuters)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Warga Sleman tercatat memiliki data yang tinggi untuk mengganti nama. Mereka sengaja mengganti namanya dengan mengajukan permohonan secara resmi ke Pengadilan Negeri Kelas 1B Sleman.

Humas Pengadilan Negeri Kelas 1B Sleman, Iwan Anggoro Warsito menjelaskan permohonan penggantian nama tergolong tinggi untuk wilayah Sleman. Karena dalam sepekan minimal pihaknya menyidangkan sebanyak dua permohonan ganti nama setiap perseorangan.

Advertisement

Dalam setahun sedikitnya 72 orang yang mengajukan ganti nama. Bahkan dari Januari hingga awal April 2014 ini setidaknya sudah 30 warga yang mengajukan permohonan ganti nama.

"Sepekan minimal dua permohonan, dalam setahun sekitar 72 orang. Lumayan tinggi, 2014 ini sekitar 30 permohonan," jelas Iwan yang juga Hakim PN Sleman saat ditemui Rabu (16/4/2014).

Syarat mengajukan permohonan sidang ganti nama sama seperti sidang lain. Setiap pemohon mengajukan kemudian sepekan kemudian dilakukan sidang di PN Sleman. Dalam sidang itu pemohon akan ditanya beberapa hal terkait latar belakang dan tujuan mengganti namanya.

Salahsatu pertimbangan utama dalam memutuskan terkabulkan atau tidaknya permohonan mengganti nama yakni terkait kepatutan. "Hari ini daftar sepekan kemudian sidang langsung bisa diputuskan," imbuh dia.

Hakim tidak mengabulkan permohonan pemohon yang akan mengganti nama jika nama pengganti tidak patut. Semisal nama yang sudah baik justru diganti dengan arti yang buruk. Selain itu nama yang mengadopsi nama orang besar yang berkaitan dengan kepangkatan atau gelar juga bisa ditolak oleh hakim permohonannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement