Advertisement

Gerindra Incar Kursi Pimpinan DPRD Bantul

Bhekti Suryani
Jum'at, 25 April 2014 - 18:45 WIB
Nina Atmasari
Gerindra Incar Kursi Pimpinan DPRD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Partai Gerindra Bantul mengincar kursi pimpinan Dewan menyusul kenaikan jumlah kursi partai ini di DPRD hingga dua kali lipat pada pemilu kali ini. Sementara muka-muka lama diprediksi akan tetap melenggang ke Senayan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Bantul Purwanto menyatakan, partainya memperoleh peringkat kedua di bawah PDIP.

Advertisement

Dengan modal tersebut, Gerindra, ujarnya berhak menempatkan satu orang wakilnya di jajaran pimpinan Dewan. Seperti diketahui, ada empat pimpinan DPRD Bantul. Yaitu satu orang ketua dan tiga orang wakil ketua. "Kalau melihat suara yang kami peroleh, kami berhak untuk menempati pimpinan ke dua [Wakil Ketua I]," ungkapnya, Kamis (24/4/2014).

Selain mengincar kursi pimpinan Dewan, Gerindra juga membidik posisi pimpinan komisi. Menurut Purwanto, Gerindra layak menempatkan seorang wakilnya sebagai salah satu pimpinan komisi dari empat komisi yang ada, serta dua orang sebagai wakil pimpinan komisi.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Bantul Hanung Raharjo menyatakan, siapa yang menempati pimpinan komisi dan wakilnya sangat bergantung dengan hasil musyawarah internal komisi tersebut. Atau tergantung musyawarah antar partai. "Jadi urutanya ditentukan dulu siapa yang mengisi komisi, dari internal tersebut nanti dimusyawarahkan siapa ketuanya," terang Hanung.

PDIP, kata dia, tidak berambisi menempatkan sejumlah wakilnya sebagai pimpinan komisi. Meski partai ini keluar sebagai pemenang. "Kalau kami enggak ambisi, kami ingin semuanya adil, dirembuk dengan partai lain. Yang penting baik untuk masyarakat," kata Hanung.

Ihwal posisi Ketua DPRD, lanjutnya, sesuai aturan tidak perlu dimusyawarahkan lagi. Konstitusi mengatur, partai pemenang Pemilu berhak mendapat alokasi kursi Ketua DPRD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement