Advertisement

Tiap Kamis Pahing, Pedagang Pasar Berbusana Tradisional

Redaksi Solopos
Kamis, 04 Desember 2014 - 18:40 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tiap Kamis Pahing, Pedagang Pasar Berbusana Tradisional Harian Jogja/Gigih M. HanafiAktivitas pedagang terlihat di kawasan Pasar Beringharjo, Jl. Malioboro, Jogja, Rabu (15 - 1). Menurut Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja, Secara bertahap jumlah kamera pengawas atau CCTV di Pasar Bringharjo bakal ditambah agar masyarakat dapat memantau situasi pasar secara online.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pedagang pasar tradisional Kota Jogja kompak memulai tradisi baru dengan mengenakan pakaian tradisional khas Jogja setiap Kamis Pahing sebagai pakaian dinas saat berdagang melayani pembeli.

"Penggunaan pakaian tradisional oleh pedagang di pasar tradisional ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya sekaligus sebagai implementasi keistimewaan Yogyakarta," kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja Maryustion Tonang, Kamis (4/12/2014).

Advertisement

Menurut dia, penggunaan pakaian tradisional oleh pedagang di pasar tradisional bisa dikembangkan sebagai sebuah ciri khas pasar tradisional di Kota Jogja sekaligus mendukung pencapaian visi, yaitu pasar tradisional sebagai pusat ekonomi, pariwisata, dan edukasi.

"Penggunaan pakaian tradisional ini merupakan upaya untuk mewujudkan visi pada aspek pariwisata," katanya.

Maryustion mengatakan meskipun penggunaan pakaian tradisional tersebut baru sebatas imbauan, hampir 90 persen pedagang sudah mengenakan.

"Pedagang tampaknya tidak keberatan dan mereka terlihat senang mengenakan pakaian tradisional ini," katanya.

Berpakaian tradisional setiap Kamis Pahing dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama seluruh pedagang pasar tradisional dari 31 pasar. Pedagang juga sudah mendeklarasikan komitmen mereka untuk menggunakan pakaian tradisional pada 3 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement