Advertisement

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Disperindagkop Prediksi Harga Sembako Stabil Sebulan Ke Depan

Abdul Hamied Razak
Senin, 05 Januari 2015 - 09:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
HARGA KEBUTUHAN POKOK : Disperindagkop Prediksi Harga Sembako Stabil Sebulan Ke Depan Ilustrasi pedagang sembako

Advertisement

Harga kebutuhan pokok, menyusul penurunan harga BBM bersubsidi, diprediksi harga kebutuhan baru turun mulai bulan depan,

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Jogja memprediksi harga bahan pokok di pasaran akan kembali stabil dalam kurun sebulan ke depan. Harga sembako dan sayuran di pasaran saat ini masih tinggi meski harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi menurun.

Advertisement

Dari pantauan Harianjogja.com di Pasar Kranggan misalnya, harga beras paling rendah masih di harga Rp9.400 per kilogram. Sementara harga beras kualitas bagus Rp10.600 per kilogram. Gula pasir Rp9.500, gula merah Rp12.000, minyak goreng Rp11.000, dan telur ayam Rp20.000.

"Harga ini belum banyak berubah sejak akhir November yang lalu," kata penjaga toko sembako Arjuna, Awaludin saat ditemui di Pasar Kranggan, Mingggu (4/1/2015).

Selain bahan pokok, harga sayuran dan bumbu dapur pun masih terbilang tinggi. Harga cabai rawit merah masih Rp80.000, cabai merah Rp70.000, cabai hijau Rp25.000, bawang merah Rp13.000, bawang putih Rp15.000, tomat Rp10.000, wortel Rp6.000, dan kacang Rp7.000

Yanti, salah seorang pedagang sayuran mengaku untuk pasokan sayuran saat ini masih lancar meski harga masih tinggi. "Untuk pasokan sayur tidak ada kendala," kata dia.

Ketua Paguyuban Pasar Bringharjo Tengah Subaniat juga mengakui harga sembako dan sayuran masih tetap sejak sebulan lalu. Ia menduga masih tingginya harga sembako karena belum musim panen di beberapa daerah. Beras di pasar tradisional Bringharjo selama ini dipasok dari Bantul dan Klaten, sementara sayuran dipasok dari Magelang dan Wonosobo.

Kepala Disperindagkop Kota Jogja Suyana memperkirakan harga bahan pokok akan mengalami penurunan 1-2 bulan ke depan seiring dengan masa panen yang serentak.

"Februari musim panen, jadi prediksi harga akan stabil," kata dia saat dihubungi, Minggu (4/1/2015)

Meski harga sembako saat ini tinggi, Disperindagkop belum ada rencana menggelar operasi pasar pada Januari ini. Suyana mengaku akhir Desember lalu sudah dilaksanakan penjualan raskin atau beras murah di masing-masing kecamatan di Kota Jogja secara serentak untuk membantu warga miskin.

"Dari 22 Ton raskin terjual 19 Ton di 14 kecamatan," tandas Suyana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement