Advertisement

PERTANIAN GUNUNGKIDUL : Monyet Ekor Panjang Serbu Lahan Ponjong

David Kurniawan
Sabtu, 10 Januari 2015 - 22:25 WIB
Mediani Dyah Natalia
PERTANIAN GUNUNGKIDUL : Monyet Ekor Panjang Serbu Lahan Ponjong Sarino saat mengawasi area ladang miliknya, Jumat (9/1/2015). Sejak lima tahun lalu, serangan kera ekor panjang makin liar dan membuat warga semakin resah. (JIBI/Harian Jogja - David Kurniawan)

Advertisement

Pertanian Gunungkidul, tepatnya di Desa Munggur mendapat 'serangan' dari monyet ekor panjang.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Monyet ekor panjang masih menjadi momok yang menakutkan bagi petani di Dusun Munggur, Desa Kenteng, Kecamatan Ponjong. Belasan hektare lahan pertanian tidak luput dari amukan kera-kera liar itu.

Advertisement

Guna mengantisipasi serangan, warga memasang jaring di pinggir lahan. Selain itu, warga juga terus menunggu lahan mereka supaya tidak diserbu ratusan ekor monyet. Salah seorang petani, Sarino mengatakan, serangan monyet tidak mengenal musim di pertanian Gunungkidul. Secara berkala gerombolan itu terus mendatangi kebun milik warga.

“Serangan terus terjadi dan semakin ganas sejak lima tahun yang lalu,” kata Sarino saat ditemui di kebunnya, Jumat (9/1/2015).

Menurut dia, keganasan monyet itu berdampak pada rusaknya belasan hektare lahan yang ditanam mulai dari jagung, kacang, hingga padi. Kerusakan terparah terjadi di ladang yang berada di atas, atau tepatnya yang berdekatan dengan tempat tinggal monyet-monyet itu.

“Kebanyakan kera tinggal di sekitar Gua Song Gilap. Banyak tanaman milik petani yang dirusak. Terkadang monyet juga sampai di sini, padahal jarak antara gua dengan lahan saya sekitar dua kilometer,” keluh pria yang akrab disapa Ari itu.

Hal senada juga diungkapkan Yudianto, sesama petani di Dusun Munggur. Guna menanggulangi serangan monyet itu, Pemerintah Kecamatan Ponjong sempat mengantisipasi dengan menyediakan buah-buahan. Hanya, teknik tersebut malah membuat monyet semakin liar dan ganas.

Untuk mengantisipasi lahan dari serangan kera banyak warga yang terus mengawasi area pertanian. Selain itu, di kanan kiri ladang dipasang jaring supaya monyet tidak bisa masuk untuk menjarah tanaman.

Yudianto menambahkan, serangan monyet tidak mengenal waktu. Hampir setiap hari gerombolan monyet mengusik dan merusak ladang milik warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gandeng Polisi Thailand Buru dan Bawa Pulang Buron Narkoba Fredy Pratama

News
| Kamis, 18 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement