BENCANA DI BANTUL : Tanah Bergerak, 6 Keluarga Mengungsi

24 Januari 2015 13:20 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Bencana di Bantul berupa tanah bergerak menyebabkan enam keluarga harus mengungsi demi keselamatan

Harianjogja.com, BANTUL- Tanah bergerak mengancam Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kec. Imogiri Bantul. Enam keluarga mengungsi lantaran rumah mereka terancam ambruk.

Bencana tanah bergerak itu mengancam enam rumah warga di RT 06 Dusun Giriloyo. Kondisi paling parah dialami rumah milik Bukhori,75. Pada Jumat (23/1/2015) dini hari, pondasi rumah dan tanah bagian depan milik Bukhori turun hingga 50 cm.

"Depan rumah saya lebih rendah dari pada bagian belakang atau rumah tetangga," ujar Marsinah, 65 isteri Bukhori, Jumat (23/1/2015).

Marsinah mengungkapkan, sejak sepekan lalu keluarganya sudah mulai merasakan keanehan pada pergerakan tanah tepat di bawah rumah mereka.

Namun waktu itu, penurunan tanah dan pondasi bangunan hanya sedikit. Namun sejak hujan mengguyur sepanjang Kamis (22/1/2015), kondisi itu bertambah parah.

Tidak hanya menurunkan pondasi bangunan, tanah di bagian depan rumahnya juga sudah merekah atau terpisah dengan tanah yang ada di sebelahnya.

Khawatir celaka, keluarganya dibantu warga setempat bergotong royong menyelematkan harta benda mereka dan mengungsikannya ke tempat aman. Warga juga beramai-ramai membongkar rumah Bukhori sebelum tergerus longsor.