KABAR LANUD ADSUTJIPTO : Grob Siap Getarkan Langit Depok

09 Maret 2015 18:40 WIB Sunartono Sleman Share :

Kabar Lanud Adisutjipto kali ini mengenai olahraga dirgantara yang akan digelar akhir pekan ini, JAS.

Harianjogja.com, SLEMAN - Empat pesawat latih milik TNI AU, Grob G-120 TP-A siap menggetarkan langit Depok dalam perhelatan akbar olahraga dirgantara bertajuk Jogja Air Show (JAS) 2014 di pantai Depok, Bantul, pada Jumat (13/3/2015) hingga Minggu (15/3/2015) mendatang.
Penampilan pesawat latih terbaru buatan Jerman itu adalah pertama kalinya dalam gelaran rutin itu.

Kapentak Lanud Adisutjipto Jogja Mayor Hamdi Londong menjelaskan rencana empat pesawat latih itu akan menggantikan Jupiter Aerobatic Teman (JAT) yang menjalani tour di Malaysia.

"Tahun sebelumnya memang JAT dengan pesawat KT-01, tapi karena menjalankan tugas negara lalu Grob yang melakukan atraksi aerobatiknya. Intinya siap memeriahkan," ungkapnya, Sabtu (7/3/2015).

Ia menambahkan penampilan aerobatik pesawat Grob akan menjadi pertama kalinya dalam JAS 2015 mendatang. Pada tampilan perdana itu Grob akan menyuguhkan sejumlah formasi aerobatik. Seperti box formation, leader benefit, trail, left echelon, high G turn, echelon turn dan ditutup dengan boomburst.

Para perwira yang mengawaki pesawat generasi terbaru pengganti AS 202 Bravo antara lain Danskadik 101 Lanud Adisutjipto, Letkol Pnb Onesmus sebagai flight leader, Mayor Pnb Slamet Suhartono. Kemudian Mayor Pnb Ronal dan Mayor Pnb Yulianto. Mereka rata-rata sudah memiliki ribuan jam terbang dan berposisi sebagai instruktur sekolah penerbang TNI AU.

"Akan tampil saat acara puncak yang dihadiri Menpora dan sejumlah pejabat di DIY," ujarnya.