Seorang Kades di Gunungkidul Merangkap Komandan Satgas Partai

17 Maret 2015 08:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Kepala Desa Karangrejek Gunungkidul, Marjono merangkap tugas sebagai komandan satgas partai

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan melakukan penyelidikan terhadap Kepala Desa Karangrejek Marjono atas keterlibatan dalam masalah kepartaian.

Penyelidikan ini dilakukan sebab ia dipilih oleh Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Endah Subekti Kuntariningsih sebagai komandan satgas.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Siswanto mengaku sudah mendegar informasi itu dari media. Dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi internal untuk melakukan penyelidikan terhadap masalah ini.

“Akan kita usut hingga tuntas. Tidak menutup kemungkinan, yang bersangkutan akan kita panggil untuk melakukan klarifikasi,” kata Siwanto, Senin (16/3/2015).

Dia menjelaskan, secara aturan perangkat desa tidak boleh terlibat dengan urusan partai politik. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik kepentingan di dalam roda pemerintahan.

“Intinya harus netral. Masalahnya kalau sampai terlibat dikhawatirkan akan memengaruhi masyarakat untuk mendukung partai tertentu,” ujarnya.

Meski demikian, Siswanto mengaku belum bisa mengambil tindakan. Sebab, keputusan yang diambil harus berdasarkan fakta-fakta yang terjadi, dan tidak bisa hanya asal ambil keputusan.

“Kita selidiki terlebih dahulu. Kalau memang terbukti, dia harus memilih apakah tetap ingin menjadi kades atau tidak,” seru dia.