TABRAKAN TIM JUPITERS : The Jupiters Hiasi Langit DIY

Harian Jogja/Gigih M. Hanafi Pesawat Tim The Jupiters yang terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta mendarat di Lapangan Udara Adisutjipto, Sleman, Rabu (18/3/2015). Enam pesawat KT-1B Wong Bee milik TNI AU kembali ke Jogja dari Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibition 2015, setelah insiden dua pesawat mengalami kecelakaan saat latihan pada pameran dirgantara pada, Minggu (15/3 - 2015).
19 Maret 2015 11:40 WIB Sunartono Sleman Share :

Tabrakan Tim Jupiters, puing Jupiter 5 dan Jupiter 6 yang bertabrakan di Malaysia sudah tiba di Lanud Adisutjipto.

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim Aerobatik TNI AU The Jupiters, Rabu (18/3/2015) siang tiba kembali di Base Camp Pangkalan TNI AU Adisutjipto, setelah batal tampil di Langkawi, Malaysia, karena mengalami kecelakaan.

“Meski gagal tampil di Langkawi, keberadaan Tim Jupiter akan tetap dipertahankan dengan sejumlah evaluasi, menyusul kecelakaan di Langkawi pada Minggu [15/3/2015] lalu,” kata Wakil Komandan Kodik TNI AU Marsma Adang Supriyadi.

Menurut dia meski sempat terjadi kecelakaan di Langkawi, The Jupiters sudah menjadi kebanggan bangsa Indonesia.

“Keberadaan The Jupiters tidak akan terkendala dua pesawat yang rusak, karena masih ada pesawat lain yang dapat digunakan,” katanya.

Enam pesawat KT-1B Woong Bee yang diterbangkan The Jupiters tampak menghiasi langit DIY pada Rabu sekitar pukul 10.00 WIB.

Enam peswat berwarna putih merah ini sempat memperlihatkan aksi manuvernya, hingga kemudian satu per satu mendarat dan berjajar di Base Camp di Skuadron Pendidikan 101 Lanud Adisutjipto. Enam pesawat yang tiba kembali di Adisutjipo tersebut adalah Jupiter 1, Jupiter 2, Jupiter 3, Jupiter 4, Jupiter 7 dan Jupiter 8.

Sementara dua pesawat lain yaitu Jupiter 5 dan Jupiter 6 mengalami kecelakaan di Langkawi, Malaysia. Sejumlah pejabat TNI AU dan keluarga pilot terlihat ikut menyambut kedatangan Tim The Jupiters ini.

“Puing Jupiter 5 dan Jupiter 6 kini juga sudah tiba di Lanud Adisutjipto,” kata Adang.