KABAR LANUD ADISUTJIPTO : Taruna AAU 'Rontokkan' Pesawat Musuh

Upacara penutupan latihan Bhuwan Paksa di Lapangan Dirgantara. (JIBI/Harian Jogja - dok. Kapen AAU)
11 Mei 2015 02:20 WIB Sunartono Sleman Share :

Kabar Lanud Adisutjipto, Taruna AAY berhasil mengalahkan musuh dalam Bhuwana Paksa Taruna Tingkat III.

Harianjogja.com, SLEMAN - Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) mengikuti latihan Bhuwana Paksa Taruna Tingkat III di Lanud Gading, Gunungkidul selama tiga hari dalam pekan ini. Mereka berhasil merontokkan pesawat musuh dalam latihan tersebut.

Dalam rilis kepada Harianjogja.com, diskenariokan musuh telah menguasai wilayah Pacitan dan Wonogiri, Jawa Tengah dan berusaha menduduki Lanud Gading. Karena Lanud ini merupakan pangkalan aju (alternatif) sebelum musuh menguasai Lanud Adisutjipto.

Sebagai pasukan Pertahanan Pangkalan Horizontal (Hanhor) Taruna berhasil menghancurkan musuh yang menyerang dari darat maupun udara. Pasukan Pertahanan Pangkalan Vertical (Hanver) yang dipersenjatai Triple Gun dan Rudal QW-3 berhasil merontokkan sejumlah pesawat udara musuh.

"Peristiwa heroik pertahanan pangkalan ini merupakan bagian dari skenario latihan Bhuwana Paksa Taruna Tingkat III AAU yang digelar di Lanud Gading selama tiga hari," terang Kepala Penerangan AAU Mayor Filfadri Jumat (8/5/2015).

Latihan itu melibatkan 107 Taruna Tingkat III dan 84 personel pendukung. Upacara penutupan latihan dipimpin langsung oleh Gubernur AAU Marsda TNI Abdul Muis yang diwakili Wagub AAU Marsma TNI Wahyu A. Djaja di Lapangan Dirgantara, Kamis (7/5).
Dalam sambutannya Gubernur yang dibacakan Wagub mengucapkan selamat kepada Taruna Tingkat III. Karena telah menyelesaikan seluruh rangkaian latihan dengan penuh rasa tanggung jawab. “Latihan ini sebagai pemacu agar berprestasi dan menyelesaikan pendidikan di AAU," ungkapnya.

Gubernur mengingatkan setelah latihan, para Taruna diminta mempersiapkan diri untuk menghadapi tugas berikutnya, seperti ground school.