PELABUHAN BANTUL : Pembangunan Pangkalan Ikan Tunggu Izin Gubernur

23 Mei 2015 00:20 WIB Redaksi Solopos Bantul Share :

Pelabuhan Bantul masih menunggu izin dari Gubernur.

Harianjogja.com, BANTUL - Pembangunan pangkalan pendaratan ikan di kawasan Pantai Pandansimo Desa Poncosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menunggu izin dari Gubernur setempat Sri Sultan HB X.

"Kemarin Pak Edy (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul, Edy Mahmud) bilang, kalau dizinkan gubernur, akan dibuatkan pangkalan pendaratan ikan di Pantai Pandansimo," kata Bupati Bantul Sri Surya Widati di Bantul, Kamis (21/5/2015).

Menurut dia, sesuai dengan Keputusan Menteri tentang Rencana Induk Pelabuhan Perikanan Nasional, pantai selatan Kabupaten Bantul termasuk salah satu lokasi yang akan dikembangkan pangkalan pendaratan ikan (PPI) tersebut.

"Makanya dalam waktu dekat ini saya akan sowan (menghadap) 'Ngarso Dalem' (Gubernur DIY), akan matur kaitannya dengan pangkalan itu, dan mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kita semua terwujud," katanya.

Ia mengatakan pemerintah kabupaten memang mengharapkan adanya pangkalan pendaratan ikan di Pantai Pandansimo tersebut, karena Bantul memiliki beberapa kapal ikan berkapasitas hingga 30 gross ton (GT).

Namun, kata dia, kapal bantuan pemerintah pusat dan Pemda DIY yang diperbantukan kepada kelompok nelayan tersebut, saat ini hanya bisa berlabuh dan mendarat di pelabuhan ikan Sadeng, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

"Yang menjadi kendala Bantul adalah pelabuhan ikan yang belum punya, sehingga kapal-kapal yang kita miliki harus dititipkan di (pelabuhan) Sadeng, dan nelayan Bantul juga mondok (menginap) di sana," katanya.

Kepala DKP Bantul Edy Mahmud mengatakan Kabupaten Bantul dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 17 kilometer memiliki berbagai macam potensi yang bisa dikembangkan.

Saat ini, di pesisir selatan tersebut telah mempunyai tempat pelelangan ikan (TPI) di enam lokasi.

"Dan untuk mendukung perkembangan penangkapan ikan di Bantul, kami mengharapkan Bupati Bantul mengusulkan pembangunan pangkalan pendaratan ikan di kawasan Pantai Pandansimo," katanya.