PENGGUNAAN DANAIS : Ngargosari Gelar Seni Kantong Budaya

Warga Desa Ngargosari menampilkan Tari Incling Krido Mudo pada gelar seni kantong budaya di Lapangan Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Sabtu (30/5/2015). (JIBI/Harian Jogja - Rima Sekarani I.N.)
31 Mei 2015 16:21 WIB Rima Sekarani Kulonprogo Share :

Penggunan danais di Ngargosari dimanfaatkan untuk mengadakan kegiatan berbasis budaya.

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah Desa Ngargosari mengadakan gelar seni kantong budaya di Lapangan Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Sabtu (30/5/2015). Ratusan warga pun datang dan tampak antusias menonton.

Kepala Desa Ngargosari, Surasa mengatakan, acara yang dibiayai Dana Keistimewaan (Danais) tersebut bertujuan melestarikan budaya lokal agar tidak dilupakan masyarakat, khususnya generasi muda.

"Selain menghibur, kami juga ingin memberikan rasa bangga kepada masyarakat atas kesenian khas yang dimiliki," ujarnya.

Surasa mengungkapkan, dua kesenian yang ditampilkan adalah Tari Topeng Ireng Satrio Mudo dan Tari Incling Krido Mudo.

"Ada dua kelompok yang tampil. Masing-masing diberi kesempatan maksimal 30 menit," ucapnya.

Gelar seni merupakan salah satu upaya pengembangan potensi pariwisata di Desa Ngargosari.

"Kami memiliki beberapa kekayaan alam yang akan dikelola dalam kegiatan pariwisata. Pagelaran seni seperti ini diharapkan bisa jadi nilai tambah," paparnya.

Surasa pun menyadari besarnya peluang meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor pariwisata. Terlebih jika mega proyek telah berjalan. "Kami yakin nanti akan banyak pendatang. Harapannya jika mereka ada waktu luang, bisa meluncur ke Kulonprogo bagian utara, khususnya Ngargosari. Ini bisa memberikan pendapatan tambahan bagi warga kami," kata Surasa.

Camat Samigaluh, Hariyanto mengatakan, Danais yang dialokasikan untuk Desa Ngargosari sebesar Rp24 juta.

"Dalam satu tahun anggaran, kantong budaya seperti desa ini diberi kesempatan untuk menggelar dua kali pementasan. Rencananya setelah ini bakal digelar lagi Agustus," ungkapnya.