DEMAM BATU AKIK : Perajin Batu Mulia DIY Gelar Pameran di Pyramide

Ilustrasi batu akik (JIBI/Solopos - AntaraAloysius Jarot Nugroho)
04 Juli 2015 12:24 WIB Jogja Share :

Demam batu akik di Jogja akan difasilitasi dengan pameran batu mulia

Harianjogja.com, BANTUL- Perajin batu mulia dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, akan menggelar pameran batu akik bertajuk Gebyar Kemilau Fitrie 2015 di Lapangan Futsal Pyramide, Bantul. Pameran yang diselenggarakan Paguyuban Selo Aji Mataram Jogja tersebut digelar mulai 19 hingga 28 Juli 2015, mendatang.

"Kami bekerjasama dengan Dekranasda DIY. Selain menggelar pameran batu mulia dan batu gambar, kami juga menggelar kontes batu mulia untuk umum," kata Mazlan Samri, Ketua Panitia Pameran dengan didampingi Hans Purwanto di Pyramide, Jumat (3/7/2015).

Selain menggelar pameran batu mulia, panitia juga menggelar sarasehan tentang batu mulia dengan pembicara Prof Dr Ir C Danisworo MSc, Guru Besar Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Turut bicara Daryantoko, ahli seni batu gambar dari Suranaya. Kebetula pembicara satu ini, selain ahli seni batu gambar juga memiliki batu mulia bergambar Presiden Jokowi dan Megawati Soekarno Putri.

Batu gambar koleksi Daryantoko, juga akan dipamerkan di acara tersebut. Sehingga pengunjung bisa secara leluasa menyaksikan keindahan dan kecantikan batu mulia berkelas.

"Oleh karena itu, bagi perajin batu akik yang ingin bergabung bisa segera menghubungi Sekretariat Panitia Gebyar Kemilau Fitrie 2015 di Jalan Panembahan 33, Jogja," ajaknya.

Setiap stand peserta selama sepuluh hari pameran berlangsung, panitia hanya memungut biaya Rp1.3 juta dan berkesempatan meraih hadiah, karena stand peserta dilombakan. "Biaya itu, untuk sewa stand selama sepuluh hari. Itu pun mereka masih mempunyai kesempatan meraih hadiah dari panitia, bila standnya berhasil keluar sebagai stand terbaik dalam melayani pembeli," jelas Mazlan.

Di samping itu, panitia juga menggelar kontes batu mulia untuk umum yang dimulai tanggal 25 Juli 2015. Kontes batu mulia, Kategori Batu Gambar, Kalsedon, Panca Warna, Naga Sui, dan Batu Motif.