WISATA LEBARAN 2015 : Wisatawan Gunungkidul Mencapai 39.664 Pengunjung

Sebuah mobil keluar dari Pos TPR Baron, padahal selama libur lebaran di wilayah tersebut di terapkan jalur searah dan hanya sebagai jalur masuk ke kawasan pantai. Sabtu (18/7/2015).(JIBI/Harian Jogja - David Kurniawan)
19 Juli 2015 11:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Wisata lebaran 2015 untuk Gunungkidul mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Lebaran kedua pada tahun 2014, jumlah kunjungan wisatawan yang masuk ke Gunungkidul mencapai 42.564 orang. Tahun ini, jumlah hanya mencapai 39.664 orang.

Berkurangnya jumlah kunjungan ini sudah terlihat dari pantauan yang dilakukan Harianjogja.com hari ini. Tahun lalu, antrean di Tempat Pemungutan Retribusi Baron terlihat begitu mengular, namun kondisi tersebut tak terlihat.

Meski demikian, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengklaim kondisinya masih bagus dan tak begitu jauh dibandingkan yang terjadi di tahun lalu.

"Perbedaannya tidak begitu jauh dan masih dalam kewajaran," kata Hary, Sabtu (18/7/2015).

Dia mengakui, kunjungan wisata hari ini terlihat sepi. Hanya saja, kondisi tersebut tak berpengaruh terhadap jumlah wisatawan yang masuk, karena secara kuantita tidak beda jauh dengan tahun kemarin.

Menurut Hary, kondisi ini mencerminkan keberhasilan Polres Gunungkidul dalam manajemen pengaturan lalulintas menuju pantai. Berbeda dengan tahun lalu, yang hanya bisa dilalui satu jalur, untuk sekarang pos yang ada di Pulegundes dan Tepus bisa digunakan masuk kendaraan, khususnya
sepeda motor. "Sebagai buktinya, di dua pos itu jumlah kunjungan meningkat pesat bila dibandingkan dengan tahun lalu," ungkapnya.

"Bedanya lagi, saat ini antrean kendaraan juga tak terlihat mengular, tapi dari sisi jumlah tak berbeda jauh," tutupnya.