PEMKAB BANTUL : Kran Investor ke Parangtritis Terbuka, Hotel Berbintang Diperbolehkan

12 Februari 2016 21:20 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Pemkab Bantul akan membuka kesempatan investasi untuk hotel.

Harianjogja.com, BANTUL- Bupati terpilih Suharsono membuka kran bagi pemilik modal yang hendak membangun hotel berbintang di Parangtritis. Sejumlah investor diklaim mulai mengincar potensi wisata di Bantul.

Ia mengklaim kebijakan yang mulai dijalankan setelah ia dilantik 17 Februari itu tidak akan merugikan mayarakat ekonomi kecil yang selama ini membuka usaha penginapan di Parangtritis.

"Enggak akan berdampaklah karena kan kelasnya beda. Kalau losmen kebanyakan yang menginap adalah wisatawan lokal," lanjutnya.

Rencana membuka kran investor itu mendapat lampu hijau dari Komisi B DPRD Bantul. Wakil Ketua Komisi B DPRD Setiya mengatakan, keberadaan hotel berbintang itu dimaksudkan untuk menahan wisatawan lebih lama tinggal di Bantul.

"Dengan meningkatnya los [lama tinggal], kita berharap belanja wisatawan di Bantul bisa lebih banyak. Sekarang ini los di Bantul hanya 0,7 [hari]. Yang dapat pajak dan efek domino makan, belanja dan lain-lain adalah Kota. Kasarnya, wisatawan datang menikmati pantai, buang sampah dan pulang. Nginapnya di kota," jelas politisi PKS itu.

Kendati demikian kata Setiya, pemerintah tetap harus memperhatikan tata ruang dalam pembangunan hotel berbintang tersebut. Selain itu juga tetap melindungi ekonomi masyarakat kecil.