PEMKAB GUNUNGKIDUL : Calon Sekda Yang Layak di Mata Dewan

ilustrasi (abufahmiabdullah.wordpress.com)
29 Februari 2016 22:55 WIB Gunungkidul Share :

Pemkab Gunungkidul, untuk usulan nama Sekda mulai dilontarkan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Sejumlah Fraksi DPRD memberi harapan terkait dengan sekda yang akan digandeng oleh Bupati Gunungkidul, Badingah, nanti. Beberapa petinggi DPRD menyebutkan harapan dan usulan nama yang layak menjadi sekda.

Ketua Fraksi PKS, Imam Taufik, mengungkapkan dua hal penting terkait dengan sosok calon sekda yang baru. Ia menuturkan bahwa sosok Sekda, sebagai pemimpin tertinggi birokrasi yang akan mendampingi Bupati harus mampu mersepon persoalan dan kebutuhan di Gunungkidul dengan cepat. Selain itu seorang sekda harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan Bupati dan DPRD.

"Komunikasi sangat penting dan memang dibutuhkan untuk membangun kemitraan antar dua lembaga," kata dia, Minggu (28/2/2016).

Saat disinggung mengenai usulan calon sekda yang baru,nama Budi Antono dan Tommy Harahap yang paling mumpuni sebagai sekda. Menurutnya, dengan melihat sepak terjangnya selama ini cukup layak diperjuangkan.

"Pak Budi itu dari sisi kerjasama dengan Bupati dan Anggota Dewan cukup bagus. Kalau Pak Tommy juga saya kira memenuhi syarat untuk mengemban amanah menjadi sekda," lanjut Imam.

Sementara itu, Ketua Fraksi PAN, Heri Kriswanto belum dapat mengusulkan nama-nama yang menurutnya layak menjadi sekda. Ia hanya berharap sekda harus yang lebih cekatan bersama Badingah-Immawan dalam membawa Gunungkidul menjadi lebih baik lagi.
Seorang sekda harus mampu menjadi kepala SKPD dengan membawahi semua bidang yang ada.

"Harus lebih mengerti kondisi Gunungkidul yang saat ini menjadi destinasi wisata yang mulai berkembang, bagaimana caranya memantapkan kembali," kata dia.

Ia pun tak membatasi siapapun yang akan menjadi sekda nanti tak harus selalu warga Gunungkidul. Ia tak bermasalah jika dari provinsi, selama yang bersangkutan memang berkompeten dan memiliki kapasitas untuk membawa kemajuan daerah selama lima tahun ke depan.

Ia melanjutkan setiap Bupati pasti memiliki kriteria tersendiri untuk calon sekda nya. Menurutnya seorang pembantu Bupati setidaknya memiliki jiwa entrepereneur dan kreatifitas yang tinggi, inovatif, serta kepangkatan sudah mencapai. Kabupaten Gunungkidul masih memiliki banyak PR termasuk peningkatan dan penertiban pariwisata serta dapat meraih predikat WTP. Baginya seorang Sekda harus menjadi komando untuk mendapatkan predikat tersebut.

"Dapat saling bekerja sama yang normatif dan take and give, terkait dengan kebijakan mengenai pelayanan masyarakat dan lain sebagainya," tutupnya.