Advertisement

WISATA KALI CODE : Gowongan Berencana Bangun Museum Lahar Hujan

Ujang Hasanudin
Senin, 14 Maret 2016 - 11:20 WIB
Nina Atmasari
WISATA KALI CODE : Gowongan Berencana Bangun Museum Lahar Hujan Wakil Walikota Jogja Imam Priyono memotong tumpeng dan melepas balon dalam Kenduri Jogoyudan sebagai tanda kesiapan warga Jogoyudan menuju kampung wisata 2017 mendatang di bantaran Kali Code, Minggu (13/3/2016). (Ujang Hasanudin/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Wisata Kali Code terus dilakukan penataan

Harianjogja.com, JOGJA- Lurah Gowongan, Kecamatan Jetis, Jogja, Siti Maymunah, mengatakan penataan Jogoyudan terbagi dalam tiga segmen, yakni penataan pinggiran atau bantaran Kali Code, penataan di dalam kampung, dan penataan sosial dan ekonomi masyarakat.

Advertisement

Menurutnya, beberapa warga Jogoyudan sudah mendapatkan pelatihan penguatan usaha mikro kecil menengah (UMKM), kerajinan membatik, pelatihan pengelolaan kampung wisata, tata cara menghadapi wisatawan.

Penataan di Jogoyudan sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir, namun untuk penataan fisik baru dilakukan sejak akhir 2015 lalu. Penataan fisik baru dilakukan di kawasan yang melingkupi RW 12 dan RW 13. Penataan fisik akan terus dilakukan sampai tujuh RW dari Jembatan Kewek sampai Jembatan Gondolayu.

“Untuk sementara yang rumahnya dikepras ada sekitar 10 kepala keluarga,” kata Maymunah, di sela syukuran dimulainya penataan lingkungan di bantaran Kali Code, kampung setempat, Minggu (13/3/2016).  .

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Gowongan Atok Setyo Budi menambahkan, ke depan tidak menutup kemungkinan fasilitas wisata Jogoyudan juga akan ditambah dengan membangun Museum Lahar Hujan.

Ide untuk membangun museum tersebut juga muncul dalam beberapa kesempatan pertemuan dengan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dan pelaku usaha terkait rencana penataan Jogoyudan.

“Museum Lahar Hujan bisa menjadi wisata edukasi karena Jogoyudan merupakan salah satu kampung terparah terpapar bencana lahar hujan dari Gunung Merapi pada 2010 lalu,” ujar Atok.

Selain acara kenduri yang menandai kesiapan warga Jogoyudan menuju kampung wisata 2017, warga juga menggelar ngamen budaya di jembatan Kewek, penampilan berbagai kesenian yang ditampilkan warga Jogoyudan, serta kegiatan bersih-bersih sungai secara bersama-sama di Bantaran Kali Code.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Wanita di Ngawi Meninggal Usai Cabut Gigi Bungsu, Suami Tuntut Dokter Tanggung Jawab

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Penginapan Jepang Punya Promo Murah Menginap Per Malam Hanya Rp10 Ribu, Ini Syaratnya

Wisata
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement