TRANSPORTASI BANTUL : Dishub akan Bangun 5 Halte, Butuh Rp100 Juta

Foto ilustrasi (JIBI)
30 Mei 2016 06:20 WIB Bantul Share :

Transportasi Bantul akan ditambah fasilitas berupa halte

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul akan mengalokasikan dana Rp100 Juta guna pembangunan dan pemeliharaan lima tempat pemberhentian bus atau halte di wilayah Bantul.

Meskipun halte yang akan dibangun belum mencakup semua wilayah di wilayah Bantul namun dengan pemetaan yang sudah dilakukan didapat lima lokasi yang diprioritaskan.

Kepala Dishub Kabupaten Bantul, Suwito mengatakan jika sebelumnya penumpang bus berpencar, dengan keberadaan halte tersebut para penumpang mendapat tempat layak untuk menunggu bus. Juga dengan adanya halte diharapkan supir bus tidak sembarangan dalam menaikkan dan menurunkan penumpang.

“Itu [Halte] dibangun untuk berkumpulnya penumpang, agar pada saat menungu bus mereka bisa berteduh,”katanya, Minggu (29/5/2016).

Suwito menjelaskan sebelumnya memang sudah ada beberapa halte berdiri di wilayah Bantul, namun berkembangnya waktu, halte-halte tersebut ada yang rusak dan tidak berfungsi dengan maksimal. Kemudian dalam pembangunan dan pemeliharaan halte tersebut akan disesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Lima halte yang akan dibangun tidak sama-sama, desain bangunannya akan disesuaikan dengan lingkungan. Jadi nanti kalau ada pembangunan yang didekat pantai ya akan dicari bahan yang tahan dengan korosi udara laut,” paparnya.

Sementara itu Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul, Bambang Tri mengatakan dengan anggaran Rp100 juta tersebut empat lokasi yang akan dibangun halte baru yaitu di daerah Niten, Klodran, Srigading, dan Sempalan Pundong. Kemudian satu halte yang sudah tidak berfungsi di Klodran lama, akan digeser ke daerah Sabdodadi.

“Lima Halte tersebut anggarannya tidak dipukul rata, tapi yang jelas dari seratus juta akan dialokasikan untuk lima halte,” tegasnya.