Advertisement

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Kapan Harga Daging Sapi Turun?

Senin, 30 Mei 2016 - 05:20 WIB
Nina Atmasari
HARGA KEBUTUHAN POKOK : Kapan Harga Daging Sapi Turun? Petugas Dinas Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (DPPK) Sleman mengecek kadar air pada daging sapi di Pasar Pakem, Rabu (1/7/2015). (JIBI/Harian Jogja - Bernadheta Dian Saraswati)

Advertisement

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas daging sapi masih bertahan tinggi

Harianjogja.com, SLEMAN- Instruksi Presiden Jokowi agar harga daging sapi ditekan menjadi Rp80.000 perkilogram dinilai positif oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. Hanya saja, implementasi kebijakan itu tidak dapat instan karena membutuhkan proses panjang.

Advertisement

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan, kenaikan harga komoditas di pasaran erat kaitannya dengan hukum ekonomi. Menurutnya, harga komoditas ditentukan oleh pasar di mana tingginya permintaan komoditas juga bisa berdampak pada kenaikan harga.

"Kalau persediaan komoditas itu berlimpah, untuk menurunkan harga masih bisa dilakukan. Sebaliknya, kalau persediaannya sedikit, cukup sulit dilakukan," kata Muslimatun, Minggu (29/5/2016).

Dia menambahkan, mahalnya harga daging sapi secara tidak langsung telah memicu kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya. Menurutnya, selama ini hukum ekonomi selalu membuat lingkaran. Jika permintaan tinggi, barang sedikit otomatis membuat harga ikutan naik.

Dia berharap kebiasaan masyarakat mengkonsumsi daging sapi juga perlu dirubah. "Jangan hanya mengandalkan lauk daging sapi saja. Sebab masih banyak lauk pauk lain yang menjadi alternatif. Sayangnya banyak juga yang tidak menggunakannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement