7 Makam Bupati Kulonprogo Diziarahi

Jajaran Pemkab Kulonprogo melakukan ziarah ke 7 lokasi makam mantan Bupati Kulonprogo, Selasa (11/10/2016). (Harian Jogja - Istimewa)
11 Oktober 2016 16:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Pemkab menziarahi tujuh makam Bupati Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dalam rangka memperingati HUT Kulonprogo ke-65, jajaran Pemkab Kulonprogo melakukan ziarah ke 7 lokasi makam mantan bupati Kulonprogo.

Kelompok ziarah dibagi menjadi dua yang masing-masing dipimpin oleh penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono dan Sekda Kulonprogo, Astungkoro.

Kedua kelompok tersebut sama-sama berangkat dari halaman Setda Kulonprogo pada Selasa (11/10/2016). Rombongan pertama akan berziarah ke sejumlah pemakaman yang terletak di kawasan Kota Jogja, sedangkan rombongan pertama akan mengunjungi sejumlah makan mantan kepala daerah yang berlokasi di Kulonprogo, Bantul, dan Sleman.

Rombongan pertama yang dipimpin oleh Budi Antono mendatangi 3 lokasi yakni makam Hastorenggo Kota Gede, Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, dan Makam Kuncen Yogyakarta. Rombongan disambut oleh keluarga besar mantan bupati masing-masing serta sejumlah warga setempat.

Acara diawali dengan doa bersama di lokasi makam yang dilanjutkan dengan tabur bunga secara bergantian. Budi Antono mengatakan bahwa kegiatan ini juga sekaligus upaya mengenang dan menghormati pengabdian tiap mantan bupati ini atas sumbangsihnya dalam pembangunan Kulonprogo.

“Bukan hanya sekedar peringatan HUT Kulonprogo namun juga kilas balik kemajuan yang sudah diraih Kulonprogo,” jelasnya seusai ziarah.

Kelompok kedua yang dipimpn oleh Astungkoro sendiri mendapatkan jatah 4 lokasi pemakaman yang tersebar di berbagai wilayah di Kulonprogo dan sekitarnya. Lokasi tersebut antara lain Makan Suren Sukoreno Sentolo, Makam Gamplong IV Moyudan Sleman, makam Trisigan IV Sanden Bantul, dan Taman Makam Wiratama Gamping Sleman.

Setiap rombongan terdiri dari 40 orang yang berasal dari perwakilan jajaran pemerintahan, kecamatan, BUMD dan BUMN di Kulonprogo.