Advertisement

UMKM DIY : Pelaku UKM Dilatih Pasarkan Karya Melalui Media Online

Abdul Hamied Razak
Kamis, 13 Oktober 2016 - 18:20 WIB
Nina Atmasari
UMKM DIY : Pelaku UKM Dilatih Pasarkan Karya Melalui Media Online Head of Businness Partner Bukalapak, Rahmat Danu Andika, memberikan sambutan dalam kegiatan workshop "Pengembangan Pemasaran Karya Kreatif melalui Media Online" kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Hotel Novotel, Jumat (30/9/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

UMKM DIY dilatih memasarkan karya melalui media online

Harianjogja.com, SLEMAN– Untuk peningkatan produksi dan jasa kreatif, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) workshop Pengembangan Pemasaran Karya Kreatif Melalui Media Online.

Advertisement

Workshop ini melibatkan mentor dari Bukalapak yang memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif/UKM.

Selain di Jogja, kegiatan yang sama digelar di Bali, Semarang, Pontianak, Palembang, dan Malang.

"Kegiatan ini digelar Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri bekerjasama Bukalapak. Kami memberikan pelatihan dalam rangkaian acara  Workshop di enam kota ini hingga 18 Oktober," kata Direktur Pengambangan Pasar Dalam Negeri BEKRAF Sappe M.Sirait, Kamis (13/10/2016).

Selama workshop, dengan tiga materi utama yaitu cara memasarkan dan mempromosikan produk dan jasa kreatif dengan memanfaatkan platform marketplace, di antaranya Tips Foto Produk, Copywriting, dan Promosi. Workshop yang ke-3 dilangsungkan di Hotel Novotel Jogja dengan jumlah peserta sebanyak 50 pelaku usaha ekonomi kreatif.

Ditambahkan workshop digelar untuk memfasilitasi pelaku usaha ekonomi kreatif di berbagai kota di Indonesia. Di tengah kemajuan era teknologi, para pelaku usaha harus mampu membidik peluang secara tepat dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan pemasarannya agar menjangkau pasar yang lebih luas.

"Dengan melibatkan marketplace yang telah dianggap cukup berhasil, kualitas pelaku usaha ekonomi kreatif kita akan semakin baik sehingga mampu bersaing di pasar ASEAN maupun global," kata Head of Business Partner Bukalapak Rahmat Danu Andika.

Dia mengatakan, Bukalapak saat ini sudah memiliki penggerak pelapak yang tersebar di 130 daerah di Indonesia. Pengerak Pelapak bertugas untuk menjaring jumlah pelapak baru, meningkatkan penjualan online para pelaku UKM, serta meningkatkan kualitas pelapak baru agar dapat bersaing di pasar online, serta pembinaan kepada para pelaku UKM.

"Di samping itu, Bukalapak juga memiliki anggota komunitas yang telah tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia. Dengan begitu pembinaan UKM di daerah-daerah diharapkan dapat semakin terintegrasi,” ujarnya.

Para pelaku usaha ekonomi kreatif/UKM dinilai sebagai jantung penggerak perekonomian Indonesia. Mereka memberikan kontribusi serta andil bagi badan usaha dan penyerapan tenaga kerja secara nasional.

Melalui program ini, BEKRAF dan Bukalapak terus mendorong para pelaku usaha mikro di bidang ekonomi kreatif memperluas pasar untuk kreasinya dengan signifikan.

"Para pelaku usaha ekonomi kreatif saat ini semakin berkembang dengan adanya platform e-dagang yang dihasilkan sebagai sarana promosi dan publikasi produk dan jasa kreatif," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement