KESEHATAN JOGJA : Antisipasi Virus Torch, Pengobatan untuk 500 Ibu Usia Subur Gratis

14 Oktober 2016 09:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Kesehatan Jogja dijaga dengan memberikan layanan gratis.

Harianjogja.com, JOGJA -- Menjelang akhir tahun, Badan Pelaksana Jaminan Kesehatan Sosial (Jamkesos), Dinas Kesehatan DIY menggratiskan pengobatan 500 ibu usia subur dari Torch atau penyakit yang berpotensi mengakibatkan bayi lahir cacat.

(Baca Juga :http://www.harianjogja.com/baca/2016/05/18/kampus-jogja-tekan-angka-torch-mahasiswa-ugm-inisiasi-ini-720498"> KAMPUS JOGJA : Tekan Angka TORCH, Mahasiswa UGM Inisiasi Ini)

Torch merupakan singkatan dari empat virus, Toxoplasma gondii (toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV). Virus ini sering dijumpai pada kucing, virus rubela, CMV, dan Harves, ketiganya akibat kurang menjaga pola hidup bersih.

"Kalau virus-virus ini dapat terdeteksi dini dapat segera diobati sehingga aman bagi janin dan ibu," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Kesehatan, Badan Pelaksana Jamkesos DIY, Agus Priantoro, disela-sela seleksi pemeriksaan Torch pada ibu-ibu di kantornya, Kamis (13/10/2016).

Agus mengatakan bayi yang lahir cacat atau tidak sempurna bukanlah karena bawaan keturunan (genetik), melainkan lebih pada kurangnya menjaga pola hidup bersih. Ia mengungkapkan berdasarkan data World Health Organization (WHO) angka prevalensi lahir cacat di Indonesia mencapai tiga persen dari jumlah penduduk.