Advertisement

PENIPUAN ATM : 1 Tersangka Anggota SIndikat Pembobol ATM di Bantul Tertangkap

Arief Junianto
Selasa, 18 Oktober 2016 - 18:55 WIB
Nina Atmasari
PENIPUAN ATM : 1 Tersangka Anggota SIndikat Pembobol ATM di Bantul Tertangkap Ilustrasi (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Penipuan ATM di Bantul terungkap

Harianjogja.com, BANTUL-Sindikat pembobol mesin ATM dibongkar oleh Polsek Piyungan. Dari tiga orang yang menjadi komplotan, pihak Polsek Piyungan berhasil mengamankan satu diantaranya, MA, 43, warga Jakarta Pusat.

Advertisement

Kapolsek Piyungan Kompol Tri Pujo Santoso menjelaskan, penangkapan MA itu dilakukan ketika pemuda asli Lampung itu hendak menjalankan aksinya di mesin ATM yang ada di salah satu toko modern yang berada di kawasan Jl. Wonosari KM 14 Desa Srimulyo, Minggu (16/7/2016) pukul 13.30.

Namun lantaran korban yang bernama Indah Nurul, 28, warga Tlogowaru, Klaten merasa curiga, ia pun sempat meneriaki pelaku.

“Lalu, suami korban lantas menghentikan pelaku dan menggeledahnya. Ternyata kartu ATM milik korban ditemukannya di celana dalam pelaku,” ucapnya saat ditemui di Polsek Piyungan, Selasa (18/10/2016) pagi.

Dijelaskannya, modus pelaku memang terbilang klise. Tiga orang pelaku dengan tugas yang berbeda-beda biasa menjalankan aksinya dengan cara memasukkan patahan korek api ke dalam lubang kartu ATM.

Lantas ketika korban panik lantaran kartunya tak bisa masuk, saat itulah pelaku beraksi. AM yang berperan sebagai orang pertama sontak menawarkan bantuan.

“Dengan cekatan, pelaku tadi menukar kartu milik korban dengan kartu yang sudah ia siapkan sebelumnya. Setelah itu, ia pun memasukkan dengan paksa kartu tadi ke lubang yang terganjal korek api. Barulah setelah itu pelaku pergi. Saat itulah korban sadar kalau ada yang tak beres dengan kartunya,” ucapnya.

Tri Pujo mengakui, modus penipuan seperti itu banyak terjadi. Namun, di DIY memang baru kali ini berhasil diungkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement