HARGA KEBUTUHAN POKOK : Cabai di Jogja Ganti Harga

Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Sut, menjual cabai merah keriting dan cabai rawit yang kini harganya naik Rp5.000 per kg, Jumat (4/3/2016).(Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)
21 Oktober 2016 10:50 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harga kebutuhan pokok di Jogja untuk komoditas cabai meroket

Harianjogja.com, JOGJA--Tingginya harga bahan pangan di pasar tradisional turut membuat pedagang pusing. Harga cabai merah keriting kembali meroket menyentuh angka Rp55.000 per kg.

Salah satu pedagang di Pasar Kranggan Katiyem mengungkapkan, kenaikan harga cabai merah keriting sudah berlangsung selama sepekan ini. "Ini namanya sudah tidak lagi naik harga tetapi ganti harga," ujar dia kepada Harianjogja.com di Pasar Kranggan, Jogja, Jumat (21/10/2016).

Kenaikan harga ini disebabkan banyaknya curah hujan sehingga banyak tanaman cabai yang busuk. Hal itu menyebabkan pasokan ke pasar menjadi berkurang sehingga harga melambung tinggi. Pergantian harga juga terjadi pada cabai rawit merah yang saat ini dijual di harga Rp40.000 per kg dan cabai rawit hijau Rp35.000 per kg.

"Untuk cabai, asalkan barangnya ada, pembeli tetap akan beli. Semahal apapun akan dibeli karena mereka membutuhkannya," ungkap dia.

Katiyem mengatakan, dalam dua hari ia bisa menjual cabai sebanyak 30 kg. Cabai-cabai itu kebanyakan dijual ke sesama pedagang, sedangkan yang ia sediakan untuk eceran setiap harinya sekitar empat kg.