PENCURIAN SLEMAN : Waspada, Tabung Gas Melon Juga Jadi Incaran

21 Oktober 2016 08:20 WIB Sleman Share :

Pencurian Sleman kini juga menyasar tabung elpiji

Harianjogja.com, SLEMAN --Jajaran Reserse dan Kriminal Polsek Depok Barat berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian tabung elpiji tiga kilo di daerah Janti, Caturtunggal, Depok. Triyono, warga Terban, Gondokusuman, Yogyakarta ditangkap setelah terpergok sedang mencuri tabung gas di sebuah rumah indekos.

Kapolsek Depok Barat Kompol Sodikin Fahrojin Nur mengatakan awal kejadian pencurian tersebut saat korban Arkadius Senda sedang berada di luar kamar kos, tidak jauh dari TKP melihat pelaku yang tiba-tiba jalan masuk wilayah kos dan mengambil sebuah tabung gas.

(Baca Juga : http://www.solopos.com/2016/10/20/pencurian-sleman-faktor-ekonomi-pria-ini-nekat-curi-gas-melon-762328">PENCURIAN SLEMAN : Faktor Ekonomi Pria Ini Nekat Curi Gas Melon)

Berdasarkan keterangan pelaku, ia mengatakan belum pernah melakukan pencurian. Namun demikian perbuatannya tersebut memang karena dilandasi niat untuk mencuri.

"Pelaku memang niat mencuri, dia jalan mencari target dan melihat kesempatan ada tabung gas di lokasi sepi lalu dia ambil begitu saja," katanya, Kamis (20/10/2016)

Dari tangan pelaku petugas juga mengamankan sebuah tabung gas tiga kilogram seharga kurang lebih Rp250.000.

"Pelaku mencuri tabung bukan karena faktor kelangkaan gas melon, namun karena sudah niat dan ada kesempatan. Menurut keterangan pelaku tabung tersebut rencananya akan dijual dan uangnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Saat ini pelaku beserta barang bukti sudah diamankan oleh petugas di tahanan Mapolsek Depok Barat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dimintai keterangan lebih lanjut oleh petugas.

Kapolsek menambahkan, guna mengantisipasi kejadian serupa ia mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati dalam menaruh barang. Barang-barang yang sekiranya tidak terlalu diperhatikan seperti tabung gas tersebut saat ini justru menjadi incaran bagi para pencuri.

"Sebaiknya masyarakat memang lebih berhati-hati lagi dalam menyimpan barang berharga. Tabung gas atau barang apapun jangan disimpan di luar rumah karena itu sangat memberikan kesempatan bagi pencuri," ujar Sodikin.