PEMKOT JOGJA : Siapa Plt Walikota Jogja?

Sulistyo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jogja (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)
26 Oktober 2016 23:56 WIB Sunartono Jogja Share :

Pemkot Jogja akhirnya memiliki pejabat pelaksana tugas.

Harianjogja.com, JOGJA --  Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akhirnya buka suara terkait pejabat yang bakal menduduki kursi Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jogja setelah sehari jelang pelantikan posisi tersebut. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menaruh kepercayaan kepada Sulistyo yang kini menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda DIY sebagai pejabat yang menduduki kursi Plt Walikota Jogja. Gubernur DIY akan melantik Sulistyo pada Kamis (27/10/2016) di Bangsal Kepatihan.

Kepastian keluarnya nama Sulistyo yang dipercaya menjadi Plt Walikota Jogja, datang dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X setelah didesak wartawan dalam wawancara saat keluar dari Gedong Wilis Kompleks Kepatihan, Rabu (26/10/2016) siang. Sultan sempat beralasan masih menunggu surat dari Kemendagri, tetapi saat didesak kemudian menginformasikan bahwa Sulistyo sebagai Plt Walikota Jogja.

(Baca Juga : http://www.solopos.com/2016/10/01/pilkada-jogja-diy-siapkan-plt-dan-pj-walikota-jogja-apa-bedanya-757529">PILKADA JOGJA : DIY Siapkan Plt dan PJ Walikota Jogja, Apa Bedanya?)

"Oh, mungkin Pak Sulis [Sulistyo] ya? Ya, ya, ya," ucap Sultan sembari memasuki mobil yang terparkir di pintu keluar keluar sisi utara Kompleks Kepatihan, Rabu (26/10).

Sebelumnya Pemda DIY mengusulkan tiga nama ke Kemendagri terkait Plt Walikota Jogja yang akan bertugas sejak Jumat (28/10) hingga 20 Desember 2016 mendatang. Kemudian pada 20 Desember 2016 hingga Walikota Jogja terpilih akan diisi oleh Penjabat Walikota Jogja. Sehingga Pemda DIY mengajukan dua jabatan sekaligus yaitu sebagai Plt Walikota dan Penjabat Walikota Jogja. Saat ini yang sudah diputuskan adalah Sulistyo sebagai Plt Walikota Jogja.