WISATA GUNUNGKIDUL : Ups, Puluhan Objek Wisata Tak Teraliri Listrik

Ilustrasi layanan pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). (JIBI/Solopos/Maulana Surya)Petugas PLN melakukan penggantian kabel listrik dan pemasangan alat pemutus jaringan di Jl. Adi Sucipto, tepatnya depan Stadion Manahan Solo, Selasa (21 - 1). Layanan rutin PLN tersebut untuk mengurangi daerah pemadaman listrik di Solo saat terjadi gangguan.
22 November 2016 21:20 WIB Bhekti Suryani Gunungkidul Share :

Wisata Gunungkidul belum semua tersambung aliran listrik.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Puluhan objek wisata di Gunungkidul sampai sekarang belum teraliri listrik. Ketiadaan listrik menyebabkan sektor wisata sulit berkembang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul memastikan, belum semua objek wisata di Gunungkidul memiliki fasilitas memadai seperti aliran listrik. Baik wisata pantai maupun non pantai. Khusus pantai saja, pemerintah mencatat sekitar 50% dari total 60 pantai yang resmi tedata oleh pemerintah sampai sekarang belum teraliri listrik. Artinya ada puluhan wisata pantai yang tidak tersentuh penerangan.

Jumlah tersebut belum termasuk objek wisata non pantai.

“Kalau 50 persen yang belum teraliri listrik jelas ada,” ungkap Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Siti Isnaini, Selasa (22/11/2016) kepada Harianjogja.com.

Pernyataan tersebut disampaikan Siti merespons hasil diskusi mengenai pembangunan pariwisata di Gunungkidul yang belum lama ini digelar. Diskusi yang dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X itu menyoroti, minimnya fasilitas listrik di kawasan wisata di Gunungkidul.