Kesadaran Anak Muda untuk Periksa Kesehatan Masih Rendah, Kebanyakan Dilakukan saat Mendaftar Kerja

28 November 2016 12:55 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Kesadaran anak muda untuk melakukan medical check up masih sangat rendah

Harianjogja.com, SLEMAN-Laboratorium Klinik Prodia Area Jogja berupaya meningkatkan awareness kaum muda untuk melakukan pemeriksaan sejak dini melalui Brand Activation berkonsep "Healthy Lifestyle Festival".

Hal ini dilakukan karena kesadaran anak muda untuk melakukan medical check up masih sangat rendah.

Regional Head Laboratorium Prodia Jawa Tengah-DIY LM Sri Wulan mengatakan, kebanyakan anak muda melakukan check up hanya untuk kebutuhan melamar kerja. Padahal, sebenarnya medical check up dibutuhkan untuk mengetahui lebih dini penyakit yang diderita seseorang sehingga bisa dilakukan penanganan lebih dini.

"Sejauh ini medical check up banyak dilakukan masyarakat usia 40 sampai 60 tahun," kata Wulan pada jumpa pers di Hartono Mall, Minggu (27/11/2016).

Hal inilah yang membuat Prodia menyelenggarakan Brand Activation ke-3 berupa Basic Yoga Competition, Dance Competition, Healthy Cooking Demo, talkshow seputar gaya hidup sehat oleh dr. Lani Heriyani, sampai yoga demo. Kegiatan ini dilaksanakan di Atrium Hartono Mall, Minggu kemarin.

Jogja dipilih karena Jogja menjadi pusat kaum muda. Wulan mengatakan, gaya hidup yang sudah berubah membuat kebutuhan medical check up sangat dibutuhkan. Gaya hidup seperti suka makan junk food, konsumsi makanan berminyak, kurangnya olahraga, hingga berlama-lama di depan komputer, memungkinkan kaum muda lebih mudah terkena gangguan kesehatan.

dr. Lani mengatakan, anak muda baru mengetahui bahwa dirinya terkena gangguan penyakit saat berkali-kali mendaftar pekerjaan tapi ditolak. Mereka malas melakukan medical check up karena merasa sudah sehat. Biasanya penyakit atau gangguan kesehatan yang terdeteksi adalah penyakit yang tidak menimbulkan gejala tapi ketahuan usai dilakukan periksa darah. "Misalnya kolesterol tinggi dan hepatitis B," ungkapnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban Prodia dalam menyehatkan masyarakat, Prodia rutin melakukan kegiatan yang bertujuan memudahkan check up. Kegiatan biasanya dilakukan saat Prodia ulang tahun yaitu pada Mei dan saat hari kesehatan pada November. Pada event seperti itu, Prodia memberi promo potongan harga 20% untuk melakukan check up.