Advertisement

KENAKALAN REMAJA : Polda DIY Persempit Ruang Gerak Klithih

Selasa, 13 Desember 2016 - 20:55 WIB
Nina Atmasari
KENAKALAN REMAJA :  Polda DIY Persempit Ruang Gerak Klithih Sembilan pelajar ditangkap Polres Sleman berikut barang bukti senjata tajam saat akan melakukam tawuran, Senin (11/4/2016). (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Kenakalan remaja di DIY terus diantisipasi

Harianjogja.com, SLEMAN- Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Frans Tjahyono mengutarakan aksi klithih yang sering terjadi pada akhir-akhir ini menjadi perhatian serius bagi jajaran Polda DIY.

Advertisement

Ia mengatakan pihaknya mengaku telah melakukan berbagai upaya dan tindakan untuk mengurangi aksi kekerasan yang kerap kali melibatkan pelajar, remaja, dan anak-anak.

Jajaran Ditreskrimum dengan jajaran terkait baik dari reskrim Polres dan Reskrim Polsek sudah melakukan tindakan guna mempersempit ruang gerak pelaku klithih. "Kami selalu melakukan peningkatan patroli di sejumlah titik yang kerap kali menjadi lokasi aksi klithih," ujarnya, Selasa (13/12/2016).

Dikatakannya, usaha preventif sebagai pencegahan agar aksi klithih atau tawuran tidak terjadi. Oleh karena itu pihak kepolisian akan menindak pelajar atau pemuda yang bergerombol tanpa ada kejelasan.

"Kalau baru akan berbuat, tentunya pelajar-pelajar ini hanya kita kenakan sanksi pembinaan," katanya.

Namun kata dia, apabila sudah menjurus pada tindak kriminal, pihak kepolisian akan mengusut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Frans menambahkan hanya saja dalam penanganan proses penyidikan pada anak di bawah umur prosesnya akan berbeda dan disesuaikan dengan undang-undang perlindungan anak.

"Hukumnya sudah ada dan jelas, anak-anak di bawah umur dilindungi juga oleh UUPA, sehingga harus disesuaikan antara hukum pidana dan undang-undang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement