NATAL & TAHUN BARU : Mangunan Diprediksi Ramai Pengunjung, Jalur Cinomati Tak Direkomendasikan

Mangunan (Wisnu Wardhana/JIBI - Harian Jogja)
22 Desember 2016 23:20 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Natal & Tahun Baru di Bantul akan terasa berbeda, sebab objek wisata semakin bervariasi

Harianjogja.com, BANTUL -- Berbeda dengan tahun lalu, peta kunjungan wisatawan saat liburan akhir tahun ini di Bantul mengalami sedikit perubahan. Jika biasanya konsentrasi wisatawan ada di objek-objek wisata pantai, untuk liburan penutup tahun ini, kawasan perbukitan sisi timur Bantul juga bakal diserbu wisatawan.

Untuk itu, selain memasang sejumlah rambu portabel di jalur menuju perbukitan, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul juga bakal menempatkan personel guna membantu mengarahkan pengunjung melintasi jalur yang memang telah direkomendasikan.

Seperti diungkapkan Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul Cahya Widada, pemasangan rambu portabel di kawasan perbukitan itu dilakukannya di 5 titik sepanjang jalur Mangunan via Imogiri. Rambu-rambu itu diakuinya sudah terpasang sejak pekan ini hingga awal Januari mendatang.

Sementara penempatan personel, diakuinya akan fokus di beberapa simpang jalan. Terlebih di simpang empat Terong, Mangunan, pihaknya akan jauh lebih fokus dalam hal penempatan personel. Hal itu dilakukannya guna mencegah wisatawan dari arah Mangunan yang hendak pulang melalui jalur Cinomati. Liburan akhir tahun ini, pihaknya mengaku hanya merekomendasikan jalur utama dan jalur-jalur alternatif yang memang sudah ditetapkan oleh pemerintah DIY.

“Kami larang keras wisatawan yang hendak meninggalkan Mangunan menggunakan jalur Cinomati. Sangat berbahaya, terutama bagi wisatawan dari luar Bantul. Tingkat kecuramannya cukup tinggi,” kata Cahya kepada Harianjogja.com, Kamis (22/12/2016).