Advertisement

BENCANA BANTUL : Anggaran Posko Darurat Bencana Belum Cair, Relawan Gunakan Dana Sukarela

Irwan A Syambudi
Senin, 26 Desember 2016 - 04:20 WIB
Nina Atmasari
BENCANA BANTUL : Anggaran Posko Darurat Bencana Belum Cair, Relawan Gunakan Dana Sukarela Sejumlah petugas dari Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul dibantu warga mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga akibat angin puting beliung, di Dusun Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Bantul. Senin (8/11). (JIBI - Irwan A. Syambudi)

Advertisement

Bencana Bantul belum mendapat gelontoran dana untuk operasional

Harianjogja.com, BANTUL- Ketua Umum FPRB Bantul Heri Ruswanto mengaku tak mempermasalahkan anggaran dana operasional yang belum ada di setiap posko. Dia menyebut selama ini para relawan yang tergabung dalam FPRB sudah terbiasa untuk swadaya, menyumbangkan tenaga ataupun materi demi kemanusiaan.

Advertisement

“Kami ditugaskan untuk menjaga posko jadi harus konsisten. Ada ataupun tidak ada dana kami harus tetap jalan karena orientasi kami itu ibadah. Kalau memang ada dana operasioanal ya kami syukuri kalau tidak ada ya tidak apa-apa. Kami tidak pernah menuntut,” ujarnya, Minggu (25/12/2016).

Namun diakuinya jika memang sejumlah anggaran yang telah diajukan oleh BPBD Bantul dapat terealisai maka kerja relawan di lapangan dapat lebih lancar. Pasalnya sejumlah relawan kata dia membutuhkan biaya akomodasi dan sarana ketika di lapangan.

Sementara itu Ketua FPRB Kecamatan Piyungan Amad Yani membenarkan jika sejauh ini di posko darurat bencana belum mendapatkan dana operasional untuk sarana dan akomodasi. Kata dia BPBD Bantul baru memberikan logistik, di antaranya kopi dan gula, untuk menemani relawan berjaga.

“Selama ini kami masih menggunakan dana sendiri untuk ke lokasi bencana atau kebutuhan membeli bensin atau oli untuk mesin pemotong kayu saat ada pohon tumbang,” sebutnya.

Namun dia mengakui dirinya bersama dengan sejumlah FPRB Se-Bantul telah diundang BPBD Bantul dan telah diberikan sosialisasi perihal dana operasioanal posko yang baru dalam tahap pengajuan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement