Advertisement

KAWASAN INDUSTRI PIYUNGAN : 105 Hektare Sudah Disewa Investor, tapi Belum Diolah

Arief Junianto
Senin, 26 Desember 2016 - 19:55 WIB
Nina Atmasari
KAWASAN INDUSTRI PIYUNGAN : 105 Hektare Sudah Disewa Investor, tapi Belum Diolah Puluhan hektare lahan persawahan di wilayah Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan, dibiarkan menganggur selama hampir dua tahun. (Arief Junianto/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Kawasan Industri Piyungan sudah disiapkan lahan

Harianjogja.com, BANTUL- Mantan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa Srimulyo, Suratman, menjelaskan bahwa total luas lahan tanah kas desa beserta pelungguh dan pengarem-arem mencapai 105 hektare sudah disewakan ke pihak investor guna pengembangan Kawasan Industri Piyungan.

Advertisement

Hanya saja, hingga saat ini pihak pengembang belum menggunakan atau membangun pabrik di lahan tersebut. “Benar tanah itu sudah disewakan kepada pengembang, tapi sampai sekarang belum diapa-apakan. Kalau dibiarkan bero kan mubazir,” ungkap Suratman, Jumat (23/12/2016) siang.

Adapun lokasi tanah kas desa yang sekarang dibiarkan menganggur itu tersebar di 22 dusun di Desa Srimulyo dengan total luasan mencapai sekitar 95 hektar.

Jika warga diizinkan menggarap tanah tersebut maka warga dan pihak pengembang yakni PT YIP akan mendapatkan keuntungan. “La mbok warga diberi kesempatan untuk menggarap sawah itu selama belum digunakan, kita bagi hasil petani 60 pemilik lahan 40,” tambah Suratman.

Pihak desa sendiri telah resmi menyerahkan penggunaan tanah kas desa kepada PT YIP sekitar dua tahun yang lalu dengan sistem sewa. Oleh pengembang, tanah kas desa tersebut rencananya digunakan untuk mendirikan sejumlah pabrik dengan produk berkapasitas ekspor.

Sejak diserahkan ke pihak pengembang, PT YIP juga telah mengangkat sejumlah warga untuk dijadikan pengawas lahan. “Yang dijadikan pengawas itu juga warga, jadi warga mengawasi warga. Kalau ketahuan ada warga mau garap tanah itu, langsung dilarang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement