Advertisement

TRADISI SLEMAN : Bersih Dusun Gandok, Ungkapan Syukur dan Doa agar Warga Semakin Makmur

Nina Atmasari
Selasa, 27 Desember 2016 - 11:20 WIB
Nina Atmasari
TRADISI SLEMAN : Bersih Dusun Gandok, Ungkapan Syukur dan Doa agar Warga Semakin Makmur Kegiatan Dusun Gandok, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto istimewa - dokumen)

Advertisement

Tradisi Sleman di Dusun Gandok berupa bersih dusun bertujuan doa bersama agar kehidupan warga semakin makmur

Harianjogja.com, SLEMAN- Beragam cara dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugrah yang telah diberikan. Salah satunya dengan melakukan upacara adat. Ini seperti dilakukan warga Dusun Gandok, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement

Warga menggelar Bersih Dusun sebagai upaya berdoa sehingga masyarakatnya menjadi makmur, sejahtera, nyaman, aman, tenteram dan damai.

Sebanyak tujuh rukun tetangga (RT) di Dusun mengumpulkan dana iuran dari masing-masing warga. Mereka kemudian bersama-sama membuat gunungan dan tumpengan lengkap dengan tujuh ingkung dari ayam jantan.

Gunungan terbuat dari aneka ragam makanan, jajan pasar, buah-buahan dan hasil bumi dari para petani. Kemudian gunungan itu, dikirab keliling kampung oleh warga masyarakat dengan pakaian adat dan prajurit bregodo dimulai dari rumah Kepala Dusun (Dukuh) Gandok menuju Balai Serbaguna.

Sesampainya di Balai Dusun, gunungan dan tumpeng didoakan terlebih dahulu oleh kyai dengan diikuti warga masyarakat yang mengikuti kirab.

Gunungan dan tumpengan selesai didoakan, kemudian dibagikan kepada masyarakat. Selama prosesi kirab berjalan, penonton merasa terhibur melihat upacara adat bersih dusun yang rutin diadakan pada setiap tahun sekali.

Puncak acaranya, pada 17 Desember lalu bertempat di halaman rumah milik Sunaryo, yang juga sebagai Ketua RT 04 diadakan pergelaran wayang kulit semalam suntuk dengan cerita Babad Astina (Ngastina) oleh dalang kondang serba bisa Ki Hadi Sutikno dari dusun Tegalsari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Acara pementasan wayang kulit tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Widodomartani, Camat Ngemplak, beserta jajarannya, Danramil dan Kapolsek Ngemplak.

Ketua RT 04, Sunaryo mengungkapkan bersih dusun dan pergelaran wayang kulit semalam suntuk merupakan kalender tahunan dengan tujuan untuk mempertahankan dan melestarikan budaya serta adat dan kesenian tradisionil agar jangan sampai punah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tol Jogja Solo Dilewati 109 Ribu Kendaraan Selama Libur Lebaran 2024

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement