Advertisement

MITIGASI BENCANA : EWS Tsunami di Bugel & Banaran Rusak, Ini Penyebabnya

Sekar Langit Nariswari
Selasa, 27 Desember 2016 - 05:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
MITIGASI BENCANA : EWS Tsunami di Bugel & Banaran Rusak, Ini Penyebabnya Personil BPBD Kulonprogo melakukan pemeriksaan terhadap unit EWS di Karangwuni, Wates pada Senin (26/12/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Mitigasi bencana berupa EWS ada yang mengalami kerusakan.

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Setidaknya, dua unit Early Warning System (EWS) tsunami yang berada di daerah pesisir Kulonprogo ditemukan tidak berfungsi dengan baik. Keduanya merupakan unit EWS yang berada di Pantai Bugel, Panjatan dan Desa Banaran, Galur.

Advertisement

Menurut Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kulonprogo, Sunardi, kerusakan pada unit EWS kemungkinan disebabkan pengaruh terpaan angin laut. Kandungan garam dalam angin mengakibatkan unit gampang korosi dan penjamuran sehingga berpengaruh pada performa alat. Perbaikan yang dilakukan akan melalui penganggaran oleh BPBD.

Hapy Eko Nugroho, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kulonprogo menjelaskan terdapat 8 EWS tsunami di wilayah pantai di seluruh Kulonprogo. Selain itu, adapula 71 EWS manual di sejumlah lokasi rawan longsor di Kulonprogo. Jumlah ini akan ditambah lagi dengan sekitar 20 unit EWS manual yang akan diberikan pada tahun 2017.

EWS baru ini merupakan pengadaan dari pemerintah provinsi DIY untuk sejumlah daerah longsor. Hapi mengetakan pengadaan EWS ini menjadi upaya pemerintah untuk menekan angka korban bencana alam yang marak terjadi di Kulonprogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement