RUMAH TAK LAYAK HUNI GUNUNGKIDUL : Ini Besaran Bantuan Pemugaran RTLH

Espos/Tika Sekar ArumRTLH--Pekerja menyelesaikan renovasi rumah tak layak huni (RTLH) di RT 1, Dukuh Gejikan, Desa Brangkal, Gemolong, milik Sumiyem, 60. Foto diambil Kamis (6 - 1). SOLOPOS MINGGU 09 JAN 2011 HAL 4 SURAKARTAN
06 April 2017 08:20 WIB Irwan A Syambudi Gunungkidul Share :

Rumah tak layak huni Gunungkidul, Pemkab berusaha menekan jumlah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) mencatat terdapat puluhan ribu kepala keluarga di Gunungkidul menempati rumah tak layak huni (RTLH). Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan pemugaran rumah demi menekan angka tersebut.

Baca Juga : http://m.solopos.com/2017/04/06/rumah-tak-layak-huni-gunungkidul-jumlah-masih-puluhan-ribu-807683">RUMAH TAK LAYAK HUNI GUNUNGKIDUL : Jumlah Masih Puluhan Ribu

Kepala Bidang Perumahan, DPUPRKP, Kabupaten Gunungkidul, Bambang Antono pada Rabu (5/4/2017) menyampaikan bantuan pemugaran RTLH tersebut berasal dari Pemerintah Pusat, dengan kriteria RTLH berat hingga kriteria sedang. Masing-masing, untuk kriteria berat mendapatkan bantuan Rp15 juta per unit, sementara untuk kriteria sedang sebanyak Rp10 juta per unit.

Untuk itu pihakanya kini gencar melakukan sosialisai di tingkat kecamatan agar masyarakat mengetahui secara jelas program pemugaran RTLH tersebut. Setelah sosialisasi rampung akan segera dibentuk kelompok dalam rangka pengerjaan.

Sementara itu, dia mangakui penangaan RTLH di Gunungkidul belum dapat mencakup keseluruhan RLTH yang ada. Hal ini disebabkan terdapat perbedaan data dari Pemkab Gunungkidul yang mencatat 25.000 RTLH, sedangkan sementara data dari Pemerintah Pusat hanya terdapat 3.900 RTLH.

Sebelumnya, Kepala DPUPRKP Kabupaten Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan RTLH tersebar tak hanya di wilayah dengan akses terbatas saja, namun juga di wilayah perkotaan.

"Rata-rata, masyarakat dengan rumah tak layak huni adalah warga dengan usia tua dan tak lagi produktif," katanya.

Dengan masih banyaknya RTHLH di Gunungkidul, dia berharap program bantuan RLTH dapat selesai sesuai target.

“Pada 2018 nanti kami akan mengusulkan pemugaran RTLH sebanyak 2.000 unit. Targetnya 2019 semua RTLH selesai dipugar,” ujarnya.