UJIAN NASIONAL 2017 : Sekolah Jadi Lokasi UNBK SMA, Siswa SMK Tidak Libur

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji saat memantau permasalahan UNBK tingkat SMK lewat monitor di ruang kerja tim Help Desk, Senin (10/4/2017). (Arif Wahyudi/JIBI - Harian Jogja)
10 April 2017 16:55 WIB Jogja Share :

Ujian Nasional 2017 di SMA Budi luhur menggunakan SMK Negeri 4 Jogja

Harianjogja.com, JOGJA- Ujian Nasional 2017 untuk tingkat SMA digelar hari ini, Senin (10/4/2017). Jumlah peserta UNBK SMA di seluruh DIY ada 20.454 siswa yang berasal dari 212 sekolah.

Dari jumlah itu sebanyak 64 sekolah terpaksa numpang ujian di sejumlah sekolah karena belum memiliki sarana komputer yang mencukupi. Jika ditotal jumlah siswa yang menumpang ada 11.800.

Di SMK Negeri 4 Jogja mendapati pelaksanaan ujian di sekolah itu berjalan lancar. SMK Negeri 4 Jogja menjadi tempat ujian bagi 36 siswa SMA Budi luhur.

Suasana tetap kondusif meski pihak SMK tidak meliburkan para siswanya ketika murid dari SMA Budi Luhur mengerjakan ujian di sekolah tersebut.

Kepala SMA Budi Luhur Supono memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada SMKN 4 Jogja yang telah memberikan fasilitas dan kenyamanan sehingga para siswanya bisa ujian di tempat itu.

"Kami sebelumnya juga sudah melakukan simulasi UNBK sebanyak dua kali. Pelaksanaan simulasi itu pun juga berlangsung di sini," jelas dia.

Para siswa juga merasa tidak terganggu saat ujian meski harus numpang di sekolah lain dan pihak yang mereka tumpangi tidak meliburkan siswanya.

"Ya memang tidak setenang jika pelaksanaan ujian di sekolah sendiri. Tapi tempatnya cukup steril sehingga kami juga lumayan fokus ngerjain soalnya," papar Ilham Syahrul, siswa kelas XII IPS SMA Budi Luhur saat ditemui usai ujian di SMK Negeri 4 Jogja.

Ilhan juga mengaku tidak ada kendala yang membuatnya susah mengakses komputer, termasuk saat login. Menurut dia koneksi internet pun berjalan sangat cepat sehingga dia tidak perlu menunggu lama untuk berpindah soal ke nomor berikutnya.

Pelaksanaan di SMA Muhammadiyah 2 Jogja juga berlangsung lancar tanpa kendala. Sebanyak 248 siswa di sekolah itu menjalanai ujian dalam tiga sesi.

"Genset yang kami sediakan cukup untuk membuaty siswa percaya diri dalam menggarap soal tanpa perlu menyimpan rasa was-was bila mati listrik. Server juga mulus," papar Kepala SMA Muhammadiyah 2 Jogja Slamet Purwo saat dimintai konfirmasi.