Advertisement

Siap-Siap! Labuhan Merapi Digelar Jumat Ini

Abdul Hamied Razak
Rabu, 26 April 2017 - 22:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Siap-Siap! Labuhan Merapi Digelar Jumat Ini JIBI/Desi SuryantoPuluhan abdi dalem dipimpin Juru Kunci Gunung Merapi,Mas Lurah Surakso Sihono atau Mas Asih melakukan prosesi Labuhan Merapi di Pos I pendakian atau Srimanganti pada ketinggian 1532 Meter di atas permukaan laut (m dpl), Lereng Gunung Merapi, Cangkringan, Sleman, DI. Yogyakarta, Senin (10/06 - 2013). Labuhan Merapi merupakan salah satu rangkaian peringatan "Jumenengan Ndalem" (peringatan naik tahta) Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diselenggarakan setiap tanggal 30 bulan Rejeb penanggalan

Advertisement

Labuhan Merapi digelar sejak pagi hari

Harianjogja.com, SLEMAN – Jumat (28/4/2017) prosesi labuhan Merapi digelar mulai pukul 06.00 WIB. Prosesi tersebut merupakan rangkaian puncak acara dalam rangka hajad Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat.

Advertisement

Baca Juga : http://www.harianjogja.com/2017/03/07/labuhan-merapi-digelar-bulan-depan-warga-siapkan-jalur-799319">LABUHAN MERAPI : Digelar Bulan Depan, Warga Siapkan Jalur
Prosesi dilaksanakan dalam bentuk upacara adat dalam rangka memperingati kenaikan tahta Sultan HB X. Rangkaian acara labuhan tersebut diawali pada Kamis (27/4/2017) pukul 08.00 WIB berupa penyerahan uba rampe labuhan dari Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat kepada Camat Depok di Pendopo Kecamatan Depok.

Uba rampe tersebut selanjutnya oleh para abdi dalem dan Camat Depok diarak ke Kecamatan Cangkringan. Menurut rencana, penyerahan uba rampe dari Camat Depok kepada Camat Cangkringan dilaksankan pada 9.30 WIB di Pendopo Kecamatan Cangkringan.

Setelah itu, Camat Cangkringan akan menyerahkan uba rampe tersebut kepada Juru Kunci Gunung Merapi Mas Kliwon Suraksohargo atau yang akrab dipanggil dengan Pak Asih untuk dibawa ke Joglo Kinahrejo.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman HY Aji Wulantara menambahkan, ketika sampai di Joglo Kinahrejo (pendopo petilasan Mbah Maridjan) sekitar pukul 11.30 WIB, para abdi dalem dan peserta mengadakan upacara seremonial dan diselingi fragmen labuhan Merapi.

"Malam harinya di Pendopo Kinahrejo dilakukan penampilan panembromo dan sekar mocopat, dilanjutkan dengan acara kenduri wilujengan," jelasnya, Rabu (26/4/2017).

Pada pukul 21.00 WIB rangkaian kegiatan labuhan Merapi dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “Dumadining Gunung Merapi” oleh dalang Ki Sigit Manggala Saputra. Kemudian pada Jumat (28/4/2017) mulai pukul 06.00 WIB seluruh uba rampe akan diarak menuju Bangsal Sri Manganti untuk dilakukan upacara resmi puncak Labuhan Merapi.

"Jarak antara pendopo ke bangsal ditempuh perjalanan kaki sekitar dua jam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah dan DPR Didesak Segera Mengesahkan RUU Perampasan Aset

News
| Jum'at, 19 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement