Advertisement

Sambut Waisak, Umat Budha Gelar Upacara Tribhuana Manggala Bhakti di Taman Sungai Mudal

Rima Sekarani
Senin, 01 Mei 2017 - 17:20 WIB
Nina Atmasari
Sambut Waisak, Umat Budha Gelar Upacara Tribhuana Manggala Bhakti di Taman Sungai Mudal Umat Budha berdoa bersama pada upacara Tribhuana Manggala Bhakti di Taman Sungai Mudal, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Senin (1/5/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Ratusan umat Budha berkumpul di Taman Sungai Mudal, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Senin (1/5/2017)

 

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Ratusan umat Budha berkumpul di Taman Sungai Mudal, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Senin (1/5/2017). Mereka melaksanakan upacara Tribhuana Manggala Bhakti untuk memulai rangkaian peringatan Waisak yang jatuh pada Kamis (11/5/2017) pekan depan.

Seperti tahun sebelumnya, umat Budha dari seluruh penjuru DIY berkumpul di Taman Sungai Mudal untuk melakukan doa bersama dan upacara Tribhuana Manggala Bhakti. Ritual itu dimulai dengan pengambilan air suci atau tirta amerta di sumber mata air setempat. Air tersebut selanjutnya dibagikan kepada beberapa vihara yang ada di Kulonprogo.

Tribhuana manggala bhakti merupakan bentuk dari upaya penyelamatan alam. Umat Budha berharap ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam. Hal itu diwujudkan dalam aksi penanaman pohon penyangga air sebagai simbol penyelamatan tanah. Mereka melepaskan puluhan burung sebagai bentuk penyelamatan udara, dan penyelamatan air dengan melakukan pelepasan bibit ikan.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Kulonprogo, Untung Waluyo mengatakan, tribhuana manggala bhakti mengedukasi masyarakat untuk selalu peduli dengan kelestarian alam. Menurutnya, masyarakat sudah semestinya menyadari jika alam merupakan sumber penghidupan sehingga harus dijaga kelestariannya.

“Perayaan Waisak ini memberikan contoh positif utuk senantiasa memberikan cinta kasih kepada semua makluk hidup,” kata Untung.

Perilaku manusia memiliki hubungan timbal balik dan sangat berpengaruh terhadap kondisi alam semesta. Manusia butuh air yang cukup, tanah yang subur, tanaman, dan udara segar agar tetap bisa hidup.

Harus ada simbiosis mutualisme agar kebutuhan itu dapat terus terpenuhi, yaitu dengan menjaga kelestaian alam. Untung lalu mengungkapkan pentingnya mempererat hubungan antarumat beragama demi persatuan bangsa dan negara.

“Harapannya setiap manusia dapat merenungi segala perbuatannya tanpa adanya unsur kebencian,” ucap Untung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 34 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement