Pasar Setan Ditata, Ini Kata Pedagang dan Jukir

Sejumlah petugas membongkar lapak pedagang Pasar Setan, Maguwoharjo yang berada di tepi jalan pada Rabu (3/5/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)
04 Mei 2017 06:22 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Pasar Setan di Maguwoharjo ditata

Harianjogja.com, SLEMAN -- Pemindahan areal parkir dan pedagang di Pasar Setan, Maguwoharjo, Depok yang berada di bahu jalan dilakukan Rabu (3/5/2017). Pengaturan dilakukan untuk memecah kepadatan lalu lintas yang diakibatkan pasar yang berada di persimpangan jalan tersebut.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/2017/05/04/bikin-macet-pedagang-dan-parkir-pasar-setan-dipindah-814389">Bikin Macet, Pedagang dan Parkir Pasar Setan Dipindah

Surono, salah satu pedagang buah yang terpaksa ikut dipindah mengatakan jika perubahan lokasi ini berdampak pada hasil penjualannya. Pasalnya, lokasi yang baru dianggap tidak strategis dibandingkan sebelumnya.

“Tempat sebelumnya kan jalan besar dan ramai, pembeli mudah mencari, di sini kan sepi,”ujarnya, Rabu (5/3/2017)

Ia menjelaskan jika pedagang sebenarnya telah diberikan tempat di dalam pasar oleh pengelola. Namun ia memilih lokasi sendiri yang berada di depan gerbang pasar dengan pertimbangan lebih mudah dicapai pembeli. Hanya saja, ternyata dampaknya tidak terlalu banyak karena pembelinya tetap saja sepi. Hingga pukul 10.00 pagi, dagangannya baru didatangi sekitar pembeli, jauh lebih sepi dibanding hari biasanya.

Sementara itu, Aris Widiyantara, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Kecamatan Depok mengatakan daerah tersebut kerapkali mengalami kemacetan, khususnya di jam-jam sibuk. Hal ini diperparah dengan banyaknya pedagang dan lahan parkir sehingga memakan lebar badan jalan. Nantinya, Dinas Perhubungan setempat juga akan memasang sejumlah rambu-rambu untuk memudahkan masyarakat.