PMI Bantul Jamin Stok Darah Mencukupi

09 Mei 2017 12:20 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bantul menjamin stok darah yang dimilikinya dapat mencukupi kebutuhan wilayah Kabupaten Bantul

 
Harianjogja.com, BANTUL--Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bantul menjamin stok darah yang dimilikinya dapat mencukupi kebutuhan wilayah Kabupaten Bantul. Dengan kebutuhan sebanyak 700 kantong per bulan, setiap bulannya PMI Bantul malah bisa mendistribusikan hingga 750-850 kantong darah.

Menurut Kepala PMI Bantul, M Wirmon Samawi terhitung sejak 2015, pihaknya mulai dapat mencukupi kebutuhan stok darah Bantul sendiri. Sebelumnya, PMI Bantul harus "mengimpor" kantong darah dari daerah lain seperti Solo, Sidoarjo, dan Kota Yogyakarta.

Melimpahnya stok darah tersebut, menurut Wirmon sangat terbantu dengan pengoperasian Bis Donor Darah sejak tahun 2013. Kendaraan tersebut berkeliling setiap hari untuk membantu para pendonor yang ingin mendonorkan darah tanpa harus datang ke kantor PMI Bantul.

"Kami infokan setiap harinya akan datang ke mana. Kami juga bekerja sama dengan dinas lain jika memang membutuhkan kedatangan Bis Donor Darah, misalnya jika ada acara," ujar dia kepada Harianjogja.com, Senin (8/5/2017).

Selain itu, menurut Penangungjawab Sistem Informasi Manajemen Donor Darah (SIM Dondar) Luthfi Nurfajar, tren kenaikan stok di seluruh DIY mulai meningkat sejak tahun 2012.

Ketersediaan stok darah juga sangat terbantu oleh masa donor yang kini dapat dilakukan dua bulan sekali atau dalam kurun waktu 60 hari. Sebelumnya pendonor harus menunggu 90 hari atau tiga bulan sekali untuk mendonorkan darahnya. Aturan baru tersebut mulai berlaku sejak Agustus 2016 lalu.

"60 hari itu adalah waktu ideal yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah yang sempurna," ia menjelaskan.

Hingga kini ada 19.125 pendonor darah yang tercatat dalam sistem SIM Dondar. Jika telah terdaftar, secara otomatis mereka medapatkan layanan berupa SMS Gateway. Pendonor akan mendapat pesan berupa ucapan terima kasih, pengingat jika masa donornya telah tiba, ucapan selamat ulang tahun, dan broadcast event yang diadakan oleh PMI Bantul.

"Dua bulan setelah waktu donor yang terakhir, mereka akan mendapatkan pesan pengingat. Ada ucapan selamat ulang tahun juga sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor," kata dia.