PEMDA DIY : Sesuai Aturan, 3 Nama Kandidat Dirahasiakan

Ilustrasi kursi jabatan (JIBI/Solopos - Dok.)
12 Mei 2017 12:22 WIB Sunartono Jogja Share :

Pemda DIY menyerahkan tiga nama calon Sekda.

Harianjogja.com, JOGJA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyerahkan tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) DIY ke Presiden pekan ini. Namun Gubernur DIY Sri Sultan HB X enggan mengemukakan identitas ketiga nama yang dinyatakan lolos beberapa tahapan seleksi itu.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/2017/05/11/pemda-diy-3-nama-calon-sekda-diserahkan-presiden-siapa-saja-816202">PEMDA DIY : 3 Nama Calon Sekda Diserahkan Presiden, Siapa Saja?
Anggota Komisi A DPRD DIY Agus Sumartono menyatakan, sesuai hasil laporan dari eksekutif, proses seleksi Sekda telah melalui berbagai tahapan mulai dari administrasi, tertulis, hingga wawancara atau ide gagasan. Dari rangkaian itu telah menghasilkan tiga nama dari enam pejabat yang diseleksi. Namun sesuai ketentuan, DPRD tidak berhak mempublikasikan tiga nama tersebut karena masih dalam proses seleksi tahap selanjutnya.

"Sudah ada tiga nama dan diserahkan ke kami karena itu menjadi haknya pansel. Aturannya ternyata tidak boleh selama proses seleksi sebelum dibuat dokumen resminya belum bisa dipublikasikan," ujarnya, Kamis (11/5/2017).

Hingga Rabu (10/5/2017) kemarin, dokumen seleksi yang menghasilkan ketiga nama itu masih berada di meja Gubernur DIY untuk ditandatangani. Ketiganya akan diserahkan ke Presiden pekan ini untuk dipilih salahsatu dari yang terbaik dan memiliki kompetensi mumpuni. Ia berharap, nama yang terpilih nantinya benar-benar memiliki kompetensi yang memadai di bidang birokrasi, berintegritas dan mampu membangun komunikasi yang baik antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Tiga nama ada di mejanya Pak Gubenur untuk ditandatangani diserahkan ke Presiden. nanti akan dipilih salahsatu diusulkan ke presiden, kalau sudah ditandatangani Gubernur mungkin, misal hari ini [Rabu] segera ditandatangani dan segera dikirim besok Jumat," ucapnya.