Sekolah Sungai Diresmikan, Anak-anak hingga Dewasa Jadi Sasaran

Mendikbud Muhajir Effendy bersama isteri naik perahu karet di Sungai Code saat meresmikan Sekolah Sungai di Jetisharjo Jetis, Kami (18/5/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI - Harian Jogja)
19 Mei 2017 05:22 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Mendikbud datang ke Jogja untuk meresmikan Sekolah Sungai.

Harianjogja.com, JOGJA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy meresmikan sekolah sungai di bantaran Sungai Code, Jetis Harjo, Jetis, Kamis (18/5/2017) sore. Sekolah Sungai Muhammadiyah di Jogja ini direncanakan jadi role model di bantaran sungai lainnya.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/2017/05/18/mendikbud-harap-sekolah-sungai-akomodasi-keberagaman-warga-817889">Mendikbud Harap Sekolah Sungai Akomodasi Keberagaman Warga

Ketua Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, yang juga pengelola Sekolah Sungai, Totok Pratopo mengatakan peresmian sekolah ini diharapkan akan melengkapi infrastruktur sekolah.

Sejauh ini kegiatan di Sekolah Sungai baru hanya untuk orang dewasa. Ke depan akan menyasar untuk anak-anak mulai dari Taman Kanak-kanak sampai sekolah menengah atas.

"Karena memelihara universitas ekosistem lingkungan ini perlu diajarkan sejak dini." kata Totok.

Sekolah tersebut saat ini juga merambah ke masjid. Masjid yang dinamakan masjid ramah lingkungan itu menekankan pengajian-pengajian yang bertema lingkungan.

Dalam peresmian Sekolah Sungai ini dihadiri sejumlah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Ketua Gerakan Restorasi Sungai, Surahmat.

"Saat ini sungai harus menjadi pusat peradaban seperti zaman dulu. Bukan lagi tempat pembuangan sampah." kata Surahmat.

Usai meresmikan Sekolah Sungai, Muhajir beserta rombongan juga sempat naik perahu karet di Sungai Code.