PAMERAN SLEMAN : Asah Daya Saing di Pasar Terbuka, PPD Sleman Diikuti Ratusan IKM

Ilustrasi kerajinan (JIBI/Harian Jogja - IST)
19 Mei 2017 04:24 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Pameran Sleman kali ini mengenai segala potensi warga setempat

Harianjogja.com, SLEMAN -- Sebanyak 30 Industri Kecil Menengah (IKM) mengikuti karnival membuka gelaran Pameran Potensi Daerah (PPD) Sleman pada Kamis (18/5/2017). Iring-iringan ini diawali dari Lapangan Mlati menuju Lapangan Denggung yang menjadi lokasi pameran.

Pameran daerah ini dibuka langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. Harapannya, acara ini dapat memicu pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing, terutama menghadapi pasar terbuka.

“Produk lokal tapi harus berani dan bisa bersaing dalam skala internasional,”ujar dia.

Menurutnya, era persaingan saat ini sangat ketat dan sangat terbuka lebar dan pelaku usaha dituntut bisa meningkatkan daya saing. Selain masyarakat umum, pengunjung PPD juga dikatakan merupakan investor yang ingin melihat potensi dan perkembangan Sleman. Sri mengatakan hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo awal April lalu yang menganggap Jogja memiliki potensi besar mengembangkan sektor jasa dan ekonomi keatif.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani mengatakan peserta karnival merupakan mitraan binaan Disperindag Sleman. Setiap rombongan kemudian akan diberikan waktu sekitar 3 menit untuk menampilkan kreasinya di depan panggung utama setibanya di tujuan. “Mengangkat tema Sleman Kreatif Menuju Sleman Regency,”jelasnya kemarin.

Acara ini menarik perhatian khalayak ramai, khususnya karena gunungan dan beragama kreasi yang dihadirkan peserta karnival ini. Produk yang ditampikan merupakan hasil karya lokal berupa kerajinan, pakaian, maupun makanan, tergantung keunggulan masing-masing IKM. Adapun, pameran ini akan diselenggarakan pada 18 sampai 27 Mei mendatang diikuti oleh produk usaha mikro kecil menengah (UMKM), kecamatan, satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dan institusi komersial.

Selama PPD berlangsung warga bisa menyaksikan produk kreatif di 284 stan yang disediakan. PPD juga akan dimeriahkan oleh kegiatan budaya dan seni yang ditampilkan di panggung yang disediakan. Hal ini selaras dengan tujuan dan visi dari pelaksanaan acara ini yang mengenalkan potensi dan keragaman daerah kepada masyarakat luas.

Sekretaris Disperindag Sleman, RR Mae Rusmi Suryaningsih menyampaikan disediakan kupon belanja di pasar tradisional bagi pengunjung PPD.Lokasi acara tahun ini juga akan lebih nyaman bagi pengunjung karena disediakan ruang bersantai dengan fasilitas wifi gratis sehingga pengunjung bisa lebih menikmati acara. Adapula panggung kesenian di malam hari yang diisi oleh atraksi kesenian dan gelar budaya daerah.