Ramadan dan Lebaran, Pasokan Gas Ditambah 30%

23 Mei 2017 16:22 WIB Irwan A Syambudi Gunungkidul Share :

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memastikan ketersediaan gas elpiji tiga kilogram atau gas melon aman jelang bulan puasa dan Hari Raya Lebaran

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL —Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memastikan ketersediaan gas elpiji tiga kilogram atau gas melon aman jelang bulan puasa dan Hari Raya Lebaran. Bahkan pasokan gas akan ditambah sekitar 30%.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul, Yuniarti Ekoningsih, mengatakan, ketersediaan gas melon atau elpiji tiga kilogram sudah mampu memenuhi kebutuhan untuk puasa dan juga hari raya mendatang.

Gunungkidul sendiri kuota per bulan rata-rata adalah 200.000 tabung. Namun saat hari besar seperti natal dan tahun baru atau saat puasa dan lebaran bisa ditambah sekitar 30%. “Yang jelas kuota ditambah dari bulan biasa tapi tidak akan lebih dari 400.000 tabung,” kata dia, Senin (22/5/2017).

Dia menyontohkan seperti tahun baru, kemarin pada Desember kuota menjadi 321.000, dan Januari kemarin kuotanya menjadi 310.000 tabung. Sedangkan saat lebaran kemarin pada menjadi 328.000 tabung. Berkaca pada data tersebut dia meyakini tidak akan terjadi kekurangan atau kelangkaan.

Namun demikian Yuniarti mengatakan, dirinya tetap melakukan antisipasi terjadinya kekurangan gas dengan melakukan nota kesepahaman atau MOU dengan Pertamina. Hal itu untuk menjamin agar pasokan gas disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.