RAMADAN 2017 : Mendung, Hilal Tak Terlihat di Bela-Belu

Ilustrasi melihat hilal (Kemenag.go.id)
26 Mei 2017 20:36 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Ramadan 2017, hilal belum terlihat di POB Bantul.

Harianjogja.com, BANTUL -- Hingga waktu pantauan hilal habis pada pukul 18.06 WIB, lagi-lagi hilal tak dapat terlihat di Pos Obervasi Bulan (POB) Syeh Bela-Belu yang terletak di Kretek, Bantul pada Jumat (26/5/2017). Padahal ada delapan teropong yang digunakan untuk memantau hilal, namun tidak ada satu teleskop pun yang menunjukkan tanda-tanda hilal terlihat.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag DIY Nur Abadi mengatakan selama bertahun-tahun POB Bela-Belum belum pernah sekalipun berhasil menangkap terlihatnya hilal. Padahal tahun ini, pantauan hilal DIY dipusatkan di bukit yang dekat dengan Pantai Parangtritis ini. Kali ini kendalanya adalah cuaca mendung yang mengakibatkan hilal tertutup awan yang cukup tebal.

"Sampai pantauan berakhir tidak ada satupun alat yang dapat melihat hilal karena tertutup mendung di sebelah barat," ujarnya.

Hasil pantauan hilal tersebut, menurutnya telah dilaporkan ke pusat. Sedangkan menurut jejaring informasi yang dimiliki Kemenang, POB Manado, Gresik, dan Lamongan melaporkan dapat melihat hilal. Sedangkan untuk keputusan mulainya puasa akan ditetapkan pada sidang isbat yang dilakukan di Kemenag Pusat.