Harga Cabai Rawit dan Bawang Putih di Jogja Masih Tinggi

26 Februari 2018 19:55 WIB Salsabila Annisa Azmi Jogja Share :

Harga cabai rawit terpantau semakin meningkat

 
Harianjogja.com, JOGJA - Harga cabai rawit terpantau semakin meningkat. Sementara itu harga bawang putih tak kunjung turun selama dua bulan ini. Cuaca yang tidak menentu disinyalir menjadi penyebab dari tak kunjung turunnya harga cabai dan bawang merah.

Salah seorang pedagang Pasar Beringharjo, Semi, mengatakan harga cabai rawit terpantau kembali mengalami peningkatan. "Sekarang harganya naik lagi menjadi Rp60.000 per kilogram. Sudah lima hari ini," kata Semi, Senin (26/2/2018).

Semi mengatakan sebulan yang lalu harga cabai rawit memang tidak stabil. Cuaca yang tidak menentu disinyalir menjadi penyebabnya. Tetapi saat ini harga cabai tetap pada Rp60.000 per kilogram selama lima hari.

Harga cabai lalap hijau juga mengalami peningkatan. Semi mengatakan saat ini harga cabai lalap mencapai Rp40.000 per kilogram, sedangkan dua bulan yang lalu harga cabai terpantau Rp25.000 per kilogram.

Selain harga cabai, seorang pedagang Pasar Beringharjo lainnya, Asmilah, mengatakan harga bawang putih juga mengalami kenaikan. Terpantau sudah 10 hari harga bawang putih mencapai Rp40.000 per kilogram. "Sebelumnya bawang putih harganya Rp20.000 per kilogram," kata Asmilah.

Asmilah mengatakan harga bawang putih dan cabai memang terus mengalami peningkatan meskipun trennya secara perlahan-lahan. Hal ini karena adanya faktor cuaca yang tidak menentu.