Warga Sambirejo Ingin Dibuatkan Embung

02 Maret 2018 06:20 WIB Gunungkidul Share :

Usulan ini sudah disampaikan ke bupati

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Warga Sambirejo, Ngawen berharap untuk dibuatkan embung untuk menungjang sektor pertanian di kawasan tersebut. Usulan ini sudah disampaikan ke bupati sehingga harapannya bisa segera direalisasikan.

Kepala Desa Sambirejo Yuliasih Dwi Martini mengatakan, para petani di desanya memiliki harapan besar untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Salah satunya membutuhkan sarana irigasi yang baik yang diwujudkan dalam pembangunan sebuah embung.

Menurut dia, usulan pembuatan ini tidak lepas dari hasil panen padi yang memiliki tingkat produktivitas tinggi di wilayah Gunungkidul. “Satu hektarnya bisa panen hingga 10,6 ton gabah,” kata Yuli kepada Harianjogja.com, Kamis (1/3/2018).

Ia berharap pembangunan embung dapat direalisasikan sehingga hasil panen yang dimiliki jadi semakin baik. “Lahan padi di desa kami masih bergantung dengan sistem sawah tadah hujan. Jadi dengan adanya embung maka masa tanam bisa lebih panjang lagi karena air untuk pemeliharaan dapat dipenuhi dari situ [embung],” ungkapnya.

Yuli mengakui, harapan untuk dibuatkan embung sudah disampaikan kepada bupati. Ia bersyukur karena usulan tersebut mendapatkan respons yang baik. “Mudah-mudahan bisa direalisasikan karena keberadaannya nanti juga bisa untuk pengembangan objek wisata,” kata mantan Anggota DPRD Gunungkidul ini.

Bupati Gunungkidul Badingah mengaku sudah mendengar usulan untuk dibuatkan embung di wilayah Sambirejo. Ia pun menyambut baik usulan tersebut. Namun, untuk realisasinya masih harus menunggu survei dari Pemerintah DIY. “Disurvei dulu kalau memenuhi syarat maka akan dibantu dalam pembangunannya,” kata Badingah.

Menurut dia, pembangunan embung memiliki banyak manfaat. Selain untuk irigasi pertanian, keberadaannya juga bisa menjadi destinasi wisata baru. “Sudah banyak embung yang dibuat dan hasilnya juga bagus karena bisa mendorong geliat usaha di masyarakat,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Raharjo Yuwono. Menurut dia, untuk proses pembangunan embung tidak serta merta langsung dilakukan. Ini lantaran, sebelum adanya pembahasan tentang rencana pembuatan, di awali terlebih dahulu dengan survey lokasi.

“Dilihat dulu dan jika memungkinkan maka rencana pembangunan bisa ditindaklanjuti. Kalau melihat sekarang ini, kemungkinan usulan pembuatan embung di Sambirejo baru bisa diusulkan di 2019 mendatang,” kata Raharjo.